Tampilkan di aplikasi

Macam teknik sablon kaos

Majalah Print Media - Edisi 95
3 Juli 2020

Majalah Print Media - Edisi 95

Sablon kaos

Print Media
Saat ini, industri sablon terus tumbuh hingga di wilayah-wilayah terkecil sekalipun. Selain karena harganya terjangkau, baik dari segi peralatan maupun hasil keluarannya, tetapi kualitas hasil sablon juga sangat bagus.

Pada sablon banyak terdapat teknikteknik yang mampu menghasilkan hasil cetak yang memukau. Selain artwok yang bagus, efek – efek khusus dapat memberikan sudut pandang tersendiri di mata para pembeli, dan dapat berharga lebih tinggi daripada kaos hasil sablonan biasa, karena biasanya, produk yang unik dan berbeda akan berharga lebih tinggi. Beberapa teknik sablon manual yang memberikan kualitas mengagumkan pada output-nya antara lain:

1. Rubber Sesuai namanya, kualitas sablon ini tidak dapat diragukan lagi karena sablon Rubber menggunakan bahan dasar karet yang memiliki tingkat elastisitas serta kerapatan yang sangat tinggi. Dengan demikian, cetakan pun dapat menutupi permukaan kain dengan sangat baik. Bahkan Rubber dapat diaplikasikan pada kain berwarna apapun.

Pada dasarnya, bahan dasar karet sangat cocok untuk digunakan sebagai sablon utama. Akan tetapi, sablon Rubber juga dapat digunakan sebagai underbase yaitu tinta dasar yang digunakan untuk menutup warna kain sebelum sablon utama digunakan. Jika digunakan sebagai underbase, sablon Rubber lebih cocok diaplikasikan pada kain berwarna gelap seperti hitam, coklat, dan lain sebagainya.

Penggunaan karet sebagai bahan dasar sablon dapat memberikan banyak keuntungan. Pasalnya, bahan karet sangat elastis sekali sehingga hasil sablon cenderung lebih awet daripada bahan lainnya serta dapat disetrika. Untuk penyempurnaan kualitas rubber, anda dapat menggunakan bahan tambahan seperti coating atau lapisan tambahan sehingga bahan rubber dapat mengikuti kelenturan pakaian/kain dengan sempurna.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI