Tampilkan di aplikasi

Pengendalian kualitas produksi cetakan

Majalah Print Media - Edisi 101
14 Juli 2021

Majalah Print Media - Edisi 101

Pemasangan pelat otomatis

Print Media
Berbicara tentang kualitas suatu barang cetakan, maka ada 2 (dua) persyaratan yang dipergunakan sebagai acuan untuk menilai dan menetapkan sejauh mana barang cetakan dapat mencapai suatu tingkatan kualitas tertentu, yaitu :

1. Ketepatan cetak Adalah suatu proses produksi (terutama dalam pencetakan proses 4 warna atau lebih) yang menunjukkan posisi yang sama diantara warna-warna yang dicetak, sehingga warna-warna itu saling bertumpukan pada posisi yang sama. Ketepatan posisi/ketepatan cetak/register ini dapat dihasilkan apabila setiap warna diposisikan pada satu posisi, yang diawali dari pre-press (pembuatan film, mounting dan pembuatan pelat) dilanjutkan sampai ke produksi cetaknya.

Perkembangan teknologi cetak mencetak memungkinkan masalah yang berkaitan dengan kualitas akan lebih cepat dapat diketahui dan diatasi, namun perusahaan percetakan yang masih menggunakan dan menerapkan teknik produksi cetak konvensional, prosesnya akan melalui tahapan :

a. pembuatan film hitam putih ataupun warna separasi, kemudian

b. film-film hitam putih atau separasi berdasarkan warnanya dimounting pada astralon yang ukurannya disesuaikan dengan luas bidang cetak mesin cetaknya (warna proses normal ada 4 warna, tetapi model cetakan tidak menutup kemungkinan jumlah warnanya akan melebihi 4 warna, sehingga akan dipersiapkan sejumlah mounting yang sesuai dengan jumlah warna modelnya). Langkah berikut

c. pembuatan pelat, agar pembuatan pelat sama dan sesuai dengan kondisi silinder pelatnya, maka agar digunakan “punch register system”, dimana sistem ini akan mampu menjamin pe masangan pelat sama untuk semua warna.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI