Tampilkan di aplikasi

Keuntungan mencicil rumah sejak dini

Majalah Property Inside - Edisi 23
22 Desember 2017

Majalah Property Inside - Edisi 23

Intinya tabungan Anda sering tidak bisa mengejar laju pertumbuhan harga properti itu sendiri.

Property Inside
Barangkali saat ini Anda sedang menabung untuk membeli rumah idaman. Jika benar demikian, kirakira berapa lama Anda menabung hingga rumah idaman bisa terbeli? Apabila Anda saat ini tengah menabung dengan tujuan membeli rumah, lantas mengapa tidak mencoba untuk meminjam cicilan saja dari bank? Kan ada fasilitas KPR? Pertanyaan ini tentu tidak bermaksud untuk membuat goyah cita-cita Anda untuk menabung dan beli rumah.

Bagaimanapun, upaya Anda untuk menyisihkan penghasilan setiap bulan untuk membeli rumah harus di apresiasi, pasalnya tidak semua oarng berani untuk bersabar menahan godaan setiap bulan, sembari berharap rumah impian menjadi kenyataan. Seperti yang pernah dikatakan salah satu guru properti, Robert G Allen, bahwa waktu terbaik beli properti adalah “sekarang”.

Ia, kalimat itu memang benar adanya. Ini tak lain mengingat harga rumah setiap tahun semakin naik tinggi. Misalnya saja Anda punya impian untuk beli rumah di suatu lokasi seharga Rp 300 juta, dan merencanakan membelinya secara cash dengan cara menabung. Cara ini tentu saja tidak salah.

Namun tahukah Anda dalam tempo lima tahun harga rumah biasanya sudah naik dua kali lipat? Ya, kondisi inilah yang kerap terjadi. Intinya tabungan anda sering tidak bisa mengejar laju pertumbuhan harga properti itu sendiri. Sebab itulah pentingnya membeli rumah sedini mungkin, walaupun uang cash Anda belum cukup.

Karena pada dasarnya kita masih punya pilihan pembiayaan, seperti lembaga financial perbankan yang menyediakan fasilitas KPR untuk pembelian rumah. Anda pun tak harus membutuhkan biaya besar jika memanfaatkan KPR. Cukup dengan menyediakan budget 20 persen hingga 30 persen dari harga rumah, maka sebuah rumah impian sudah bisa dibeli.
Majalah Property Inside di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI