Tampilkan di aplikasi

Mentawai Island, waves, beach & paraside

Majalah Property Inside - Edisi 25
21 Desember 2017

Majalah Property Inside - Edisi 25

Kepulauan ini terletak ±150 km di Samudra Hindia yang terdiri dari kelompok pulau utama yaitu Pulau Siberut, Sipora, Kepulauan Pagai Utara, dan Kepulauan Pagai Selatan

Property Inside
Kepulauan ini terletak ±150 km di Samudra Hindia yang terdiri dari kelompok pulau utama yaitu Pulau Siberut, Sipora, Kepulauan Pagai Utara, dan Kepulauan Pagai Selatan (masing- masing memiliki pulau-pulau kecil) yang dihuni oleh masyarakat suku Mentawai di lepas pantai Sumatra Barat, sekaligus nama kabupaten, ibu kotanya berada di Tuapejat.

Kabupaten ini terbagi menjadi empat kecamatan dan 40 desa. Pulau Mentawai populer dengan gulungan ombaknya yang sangat digemari para peselancar. Oleh berbagai organisasi selancar, ombak di Mentawai dinilai sebagai terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti.

Disebutkan pula bahwa pulau Mentawai mempunyai 400 surf spot, bagi yang tidak bisa surfing, jangan khawatir, karena selain ombak yang bagus untuk surfing, disana pantainya juga indah. Selain cantik, Mentawai juga berperan penting bagi konservasi.

Sejak tahun 1981, Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menetapkan Pulau Siberut di Mentawai sebagai salah satu cagar biosfer sehingga keberadaannya harus dilindungi dan dijauhkan dari eksploitasi. Keeksotisan Siberut ditambah adanya 4 primata endemik Mentawai, yaitu simakobu, bilou atau siamang kerdil, lutung mentawai, dan beruk Mentawai.

Belum lagi kita dapat menikmati desa adat yang memiliki pria-pria bertatto yang merupakan simbol kearifan lokal suku Mentawai. Konon kabarnya, tatto asli Mentawai ini termasuk seni rajah tubuh tertua di dunia. Kehidupan masyarakat Mentawai saat ini dikategorikan sebagai warisan dari era neolitik dan mereka memiliki kepercayaan yang kuat pada alam, karena itulah kehidupan mereka sangat dipengaruhi oleh alam.
Majalah Property Inside di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI