Tampilkan di aplikasi

Tabarrukan ke pethok nagari dongkelan Yogyakarta

Majalah Risalah NU - Edisi 151
5 Maret 2024

Majalah Risalah NU - Edisi 151

Kru Majalah Risalah NU menyempatkan diri melakukan tabarrukan dan ziarah ke berbagai makam para ulama yang berada di tanah Yogyakarta. Salah satunya, makam KH. M. Moenawwir bin KH. Abdullah Rosyad atau yang masyhur dikenal sebagai Mbah Munawwir Krapyak.

Risalah NU
Saat puncak perayaan hari lahir (harlah) NU (Nahdlatul Ulama) yang ke- 101 yang diselenggarakan di kota Gudeg Yogyakarta. PBNU menggelar berbagai ragam acara dari mulai istighosah sampai Konbes NU. Ribuan warga NU dan santri dari berbagai daerah tumplek blekk, tak terkecuali para tokoh nasional hingga Presiden RI Joko Widodo hadir menyemarakan agenda tahunan tersebut.

Tak ketinggalan puluhan awak media dari berbagai portal berita termasuk Kru majalah Risalah NU memberitakan prosesi perayaan harlah NU dan menyaksikan wajah baru NU di awal abad kedua.

Di sela-sela rangkaian kegiatan, tepatnya pada Senin sore 29 Januari 24, selepas penutupan Konferensi Besar (Konbes) NU di Hotel Melia Yogyakarta. Kru Majalah Risalah NU menyempatkan diri melakukan tabarrukan dan ziarah ke berbagai makam para ulama yang berada di tanah Yogyakarta.

Salah satunya, makam KH. M. Moenawwir bin KH. Abdullah Rosyad atau yang masyhur dikenal sebagai Mbah Munawwir Krapyak.

Meski lokasinya yang terletak cukup jauh dari area Pondok Pesantren Almunawwir, Krapyak, yakni Dongkelan, namun tak menyurutkan niat kami untuk melangkahkan kaki kesana.

Mengendarai mobil Wuling berwarna hitam, kami berlima berangkat dan sampai di lokasi pemakaman sekitar pukul 17.30 sore setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit.

Setiba disana, tak banyak orang yang kami temui, hanya terlihat dua sosok santri yang sedang duduk bersilah di depan makam sang Kyai sambil komat kamit mulutnya melantunkan hafalan Qur’an
Majalah Risalah NU di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI