Tampilkan di aplikasi

Pondok Pesantren Al - Falah KRUI, Mencetak generasi bangsa yang mandiri

Majalah Risalah NU - Edisi 152
2 April 2024

Majalah Risalah NU - Edisi 152

Pondok Pesantren Al - Falah KRUI

Risalah NU
Pondok Pesantren Al- falah yang beralamat di Jalan Pesantren II Pagar Baru, Ps. Krui, Pesisir Barat, 34874, Ps. Krui, Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat berdiri pada 09 Juli 1997 diatas tanah hadiah seluas 5000 m2 dengan no D. 15/ BA. 03. 2/ 05/ 1997.

Pesantren 2 Pagar Baru Kelurahan Pasar Krui kecamatan Pantai Tengah Kabupaten Lampung Barat didirikan oleh KH. Muhammad Nurhadi MS, S. Pd. I. Setelah itu, dibentuklah menjadi yayasan dengan gelar Yayasan Al- Falah dengan notaris Imran Maruf, SH nomor. 16 bertepatan pada 6 maret 1998.

Pada awal mulanya Yayasan Al- Falah hanya mempunyai satu bagian asrama dengan dimensi 3 x 4 m2 dengan 3 santri putra asal Kecamatan Ngambur Kabupaten Lampung Barat.

Namun, dengan antusias memikul royong warga kelurahan Pasar Krui serta sekelilingnya Pondok Pesantren Al- Falah mendirikan Pondok- pondok kecil dengan dimensi 3 x 6 m2 dengan pilar kusen bundar, dindingdinding dari kotoran memotong dan asbes ilalang.

Walaupun begitu antusias ber tholabil ilmi serta berkreasi tetap terpelihara untuk para santri. Walhasil, dalam kurun waktu 13 tahun terakhir Yayasan Pondok Pesantren Al- Falah sudah mempunyai lembaga pembelajaran antara lain: Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang di dirikan pada tahun 1998.

Setelah itu, pada tahun 2000 di dirikan pembelajaran Madrasah Aliyah (MA), baru setelah itu pada tahun 2003 Yayasan Al- Falah mendirikan Madrasah Ibtidaiyah serta Madrasah Tsanawiyah 2 di Mendati Berhasil Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Lampung Barat serta pada tahun 2010 di dirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi.
Majalah Risalah NU di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI