Tampilkan di aplikasi

Masa lalu bertemu masa kini

Tabloid Rumah - Edisi 339
18 Maret 2016

Tabloid Rumah - Edisi 339
Rumah
Kreativitas pemilik rumah memadu-padankan furnitur, membuat sentuhan “jadul” tak selamanya bikin rumah jadi suram. Unik. Kata itulah yang pertama kali terlintas ketika memasuki rumah di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan ini. Bagaimana tidak, begitu masuk ke ruang tamu, kita akan disambut pemandangan tangga berwarna hitam yang tersusun bagaikan keping-keping mainan Lego. Menengok sedikit ke sebelah kanan, mata langsung dimanjakan dengan warna hijau dari taman vertikal yang dibatasi jendela besar tanpa tirai.

“Rumah ini sengaja dibuat banyak jendela besarnya, biar adem,” ujar Dita Kusuma (34) sang pemilik rumah. Benar saja, jendela besar kembali kami temui ketika masuk ke kamar utama dan kamar anak. Meski pendingin ruangan tidak dinyalakan, ruang tamu hingga kamar sama sekali tidak terasa panas. Ditambah kondisi udara yang agak berangin, membuat suasana dalam rumah semakin nyaman.

Direnovasi Karena Kebutuhan Secara keseluruhan, suami Dita-lah yang membuat desain dari rumah 3 lantai ini. Meski tidak memiliki latar belakang sekolah desain maupun ilmu arsitektur, sang suami memiliki hobi desain dan rajin mengulik internet untuk mendapatkan inspirasi desain rumahnya. “Setelah membuat desain kasar, suami saya konsultasi dengan arsitek untuk diaplikasikan langsung ke rumah,” tutur Dita

Proses pembangunan memakan waktu kurang lebih 1,5 tahun. Rumah lama yang sebelumnya hanya dua tingkat, diubah total hingga berbentuk seperti sekarang. “Karena tanahnya enggak terlalu luas, makanya dibuat banyak lantai supaya kebutuhan ruang tercukupi,” kata Dita.

Ada Sentuhan Jadulnya Suami Dita yang penyuka barang-barang antik alias jadul, menyelipkan barang-barang tempo dulu ini di antara furnitur bergaya modern. Misalnya saja, lemari bekas obat-obatan tradisional yang ia dapatkan dari hasil “berburu” barang-barang antik. Lemari yang terdiri dari lacilaci kecil ini ia manfaatkan sebagai penghias ruang sekaligus tempat menyimpan barang-barang.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI