Tampilkan di aplikasi

Dekorasi murah, hasil wah!

Tabloid Rumah - Edisi 350
22 Agustus 2016

Tabloid Rumah - Edisi 350

Berkat kreativitas pasangan suami istri ini dalam mendesain rumahnya, bujet selangit pun dapat disiasatinya. / Foto : Adrian Kamagi

Rumah
“Pokoknya, membangun rumah itu enggak perlu mahal!” ujar Ariana Octavia saat berkisah mengenai perjalanannya dalam membangun istana miliknya beserta keluarga. Bila dibayangkan, hal ini mungkin terdengar mustahil. Terlebih, huniannya terletak di kota Tangerang Selatan, di mana segala sesuatunya cenderung mahal. Namun, menurut Ariana— begitu ia akrab disapa—beserta suaminya, Kartolo Puji Prabowo, hal ini tentu bukan suatu yang tak mungkin. Menyadari bahwa bujetnya dalam membangun rumah terbatas, pasangan ini pun tak lantas diam dan pasrah.

Mereka memutar otak untuk mendesain rumah semurah mungkin, namun hasilnya tetap wah. Lantas, bagaimana hasilnya? Kayu Jati Hasil Bongkaran Saat memasuki rumah ini, nuansa tradisional sangat kental terasa berkat material kayu jati yang dipakai untuk ceiling, ventilasi, jendela, dan pintu. Usut punya usut, kayu jati yang dipakai ternyata berasal dari bongkaran rumah di Pekalongan, lho! Bowo, sapaan akrabnya, berkisah, saat itu ia ingin membuat jendela dan pintu dari kayu jati. Namun, setelah mencari di sekitaran Jakarta, ternyata harganya mencapai Rp70 juta.

Harga itu pun tentu di luar dari bujetnya. “Nah, karena harganya terlalu mahal, saya telepon teman saya untuk mencarikan kayu jati dari daerah Pekalongan. Teman saya pun menemukan sebuah rumah yang ingin dibongkar, di mana pada rumah tersebut, kayu jati digunakan sebagai material utama bangunannya,” ucap Bowo bercerita. Tak disangka, seluruh kayu jati hasil bongkaran tersebut harganya hanya Rp30 juta saja. “Sudah harganya murah, dapat banyak banget kayu jatinya, benar-benar satu rumah, dan masih banyak sekali sisanya,” ujar Bowo. Kayu jati hasil bongkaran tersebut kemudian disulapnya menjadi berbagai furnitur untuk rumahnya, mulai dari kursi, meja bar, saung, ambalan, sampai meja makan. Uniknya, semua furnitur tersebut dibuat sendiri oleh sang suami, lho!
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI