Tampilkan di aplikasi

Mengintip dapur 5 desainer

Tabloid Rumah - Edisi 352
19 September 2016

Tabloid Rumah - Edisi 352

Melihat karya arsitek dan desainer interior pada rumah para kliennya mungkin sudah biasa. Lalu, bagaimana, sih, dapur rancangan mereka sendiri untuk rumah pribadinya? Dan bagaimana mereka menyiasati ruang yang terbatas? / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Dalam mendesain rumah para kliennya, desainer sering kali berhadapan dengan permintaan klien dan bertemu dengan segudang revisi. Mau tidak mau, mereka dituntut untuk bisa menampung keinginan para kliennya dan berhasil merealisasikannya. Nah, ketika desainer dihadapkan harus merancang rumahnya sendiri, misalnya bagian dapur, mereka tidak memerlukan persetujuan siapa pun, kecuali istri, suami, atau anaknya. Karena rumahnya bisa diibaratkan sebagai “panggungnya sendiri”, mereka pun dapat dengan bebas menuangkan buah pemikirannya dan mengoptimalisasi idealisme mereka dalam rancangannya.

Rumah kali ini mengulas dapur 5 desainer dari latar belakang yang berbeda, yakni arsitek, desainer interior, desainer lighting, desainer lansekap, dan desainer produk. Ciri khas dan karakter diri masing-masing desainer tentunya punya andil dalam menentukan seperti apa tampilan dapur mereka. Intip dapur mereka, semoga salah satunya dapat menginspirasi Anda! Realrich Sjarief Dapur Minimalis Ala Chef Dapur yang kecil bukan berarti tak bisa nyaman.

Dengan konsep ala chef, arsitek muda ini mendesain dapur kecilnya agar nyaman digunakan. Simpel dan elegan, inilah kesan pertama ketika RUMAH mengunjungi dapur dari rumah arsitek Realrich Sjarief di bilangan Meruya, Jakarta Barat. Tidak ada pernik khusus yang menghias dapur berukuran 3m x 2m ini. Meski begitu dapur tetap percaya diri tampil di bagian depan rumah, menyatu dengan ruang keluarga. Dapur ini didesain mengikuti tema utama dari The Guild, rumah sekaligus kantor dari RAW Architecture. “Konsep utamanya lebih mengarah ke desain yang simpel, raw, dan down to earth,” kata Rich, sapaan akrabnya. Desain tersebut kemudian tercermin dari penggunaan material pada dapur. Misalnya backsplash yang tampil polos tanpa fi nishing, table top yang terbuat dari pelat besi, serta kabinet dapur dari material vinil.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI