Tampilkan di aplikasi

Wisata ke kota tua siang atau malam, tak masalah

Tabloid Rumah - Edisi 352
19 September 2016

Tabloid Rumah - Edisi 352

Tak hanya dapat dikunjungi pada siang hari, kini, Anda dapat berwisata ke Kota Jakarta yang dikelilingi bangunan bersejarah pada malam hari. Daya tariknya tak lekang meski mahatari mulai tenggelam. / Foto : Daniel Saputra

Rumah
Dekat dengan tepi utara Jakarta, Kota Tua tak hanya menyajikan pesona di siang hari. Selepas malam pun, kawasan ini masih menunjukkan riuh ramai suasananya. Jangan takut suasana sepi, karena beragam kegiatan dapat Anda lihat di tempat ini. Ya, Kota Tua benar-benar sudah menjadi pusat wisata Jakarta. Tempat yang sarat dengan bangunan bersejarahnya ini kini dapat Anda nikmati kapan saja. Dari sisi pencahayaan, sudah banyak lampu-lampu jalan yang menerangi area gelap di kota ini. Sementara dari sisi transportasi, akses kendaraan umum seperti Transjakarta menuju daerah ini sudah 24 jam. Tempat ini seakan tak ada matinya alias ramai terus. Apalagi, jika Anda berkunjung pada saat akhir pekan.

Berikut beberapa kegiatan atau objek wisata yang dapat Anda lakukan pada siang maupun malam hari Siang Hari Dibandingkan malam hari, wisata siang hari ke Kota Tua Jakarta memang lebih banyak. Sambil berjalan-jalan Anda bisa mendapat sejumlah pengetahuan dari museum-museum, sembari mengelilingi bangunanbangunan tua yang indah. Ini dia beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat siang hari di Kota Tua Jakarta.

1Museum Sejarah Jakarta Sebutannya yang kerap lebih dikenal orang adalah Museum Fatahillah, peninggalan pendudukan Belanda yang dijadikan kantor 12 gubernur masa VOC. Bangunan bergaya barok ini menyimpan barang-barang antik. Jika Anda membawa anak kecil, pastikan tidak sembarangan menyentuh apalagi merusak benda-benda koleksi museum. Taman di luar gedung pun menarik untuk dikunjungi anak yang cukup aktif. Di bagian belakang gedung misalnya. Dahulu tempat ini merupakan penjara tahanan yang dianggap pemberontak, termasuk seorang pangeran, Diponegoro. Anda dapat menambah khazanah sejarah sambil rileks di halaman yang menyimpan arca dewa Hermes, dewa pengirim berita yang dahulu merupakan simbol keberuntungan para pedagang. Museum ini dibuka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI