Tampilkan di aplikasi

Menciptakan kamar anak trendi dan aman

Tabloid Rumah - Edisi 354
18 Oktober 2016

Tabloid Rumah - Edisi 354

Tampil cantik dan menarik bukan berarti mengesampingkan faktor keamanan. Perlu perencanaan yang baik untuk mewujudkan kamar trendi yang aman untuk anak. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Dunia anak sangat lekat dengan aktivitas belajar, bermain, dan mengasah kreativitas. Semua kegiatan tersebut dilakukan anak baik di luar maupun di dalam rumah. Karena itulah anak memerlukan suasana yang nyaman untuk menunjang proses perkembangannya, termasuk pada kamar anak. Namun kini, mendesain kamar anak bukan cuma soal ruangan yang nyaman. Kamar anak juga didesain dengan dekorasi yang trendi agar tampil menarik.

Pengaplikasian Mesti Tepat Lincoln Bong, Creative Director dari konsultan desain kamar anak Kids Republik mengatakan desain trendi pada kamar anak tidak ada salahnya, asalkan pengaplikasiannya yang tepat. Saat ini tersedia banyak sumber yang bisa dijadikan inspirasi ketika mendesain kamar anak. Agar mendapatkan desain yang pas, Lincoln menyarankan untuk menyesuaikan antara kebutuhan, keinginan anak, serta keadaan ruangan. “Gender, usia, serta jumlah anak yang akan menempati kamar juga akan berpengaruh pada pilihan desain dan tema,” kata Lincoln.

Jika anak sudah bisa diajak berdiskusi, maka sebaiknya Anda mengajak anak untuk memilih tema kesukaannya. Dengan begitu anak akan merasa nyaman dan senang ketika menempati kamar miliknya. Bila sudah ada tema khusus, menurut Lincoln proses mendesain kamar anak akan lebih mudah. “Pilihan warna, bentuk, dan aksesori dekorasi lainnya tinggal mengikuti tema saja,” ucap Lincoln. Setelah tema, langkah selanjutnya adalah menentukan tata letak atau layout. Lincoln mengatakan tidak ada ketentuan khusus yang harus diikuti. Semuanya tergantung kondisi dan ukuran ruangan. Pengaturan tata letak ini juga dipengaruhi ukuran furnitur yang akan melengkapi kamar.

JanGan LuPakan keamanan Jika bicara desain pasti tidak lepas dari tren yang ada. Desain interior dengan sentuhan Scandinavian dan warna monokrom yang sedang tren belakangan ini rupanya juga muncul pada desain kamar anak. Menurut Lincoln, desain ini banyak digunakan karena furnitur dan perniknya yang mudah ditemui dan mudah diaplikasikan.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI