Tampilkan di aplikasi

Kamar mandi kering vs basah, lebih sehat mana?

Tabloid Rumah - Edisi 371
14 Juni 2017

Tabloid Rumah - Edisi 371

Kamar mandi harus bersih karena kamar mandi yang kotor akan mudah menyebarkan penyakit. / Foto : Yannis Rudolf Pratasik

Rumah
Anda tentu sudah tak asing lagi dengan istilah area basah dan kering di kamar mandi. Ya, kedua area ini room, ruang untuk berias. dijumpai pada kamar mandi modern masa kini. Namun, tahukah Anda sebenarnya apa perbedaan antara keduanya dan seberapa perlukah menghadirkan area kering di kamar mandi? Berdasarkan fungsi, area basah pada kamar mandi berfungsi untuk menampung aktivitas mandi, baik menggunakan bak mandi ataupun shower.

Area ini hampir selalu dalam keadaan basah kecuali sedang tidak digunakan. Sementara area kering bersifat lebih kering karena digunakan untuk meletakkan bathtub atau kloset sehingga air tidak menciprat ke manamana. Sebagian orang bahkan memanfaatkan area ini menjadi powder room room, ruang untuk berias.

Perbedaan berikutnya terletak pada luas ruang. Sebenarnya tidak ada acuan khusus mengenai luas ruang yang diperlukan untuk area basah dan kering. Luasan ruang biasanya dilihat dari aktivitas serta kebutuhan dari pemilik. Contohnya area basah. Karena hanya digunakan untuk mandi, maka area ini memiliki luas yang cenderung lebih kecil dibandingkan area kering.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI