Tampilkan di aplikasi

Tips membeli rumah seken

Tabloid Rumah - Edisi 384
7 Desember 2017

Tabloid Rumah - Edisi 384

Rumah seken atau bekas tetap jadi pilihan banyak orang. Supaya rumah yang Anda beli sesuai harapan, simak tips berikut ini!

Rumah
Memilih hunian idaman bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebelum memutuskan untuk beli rumah baru dari pengembang, tak ada salahnya untuk melirik rumah seken (second) atau bekas. Lingkungan rumah bekas biasanya sudah lebih maju dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap.

Harga rumah bekas pun relatif lebih murah dibanding rumah baru. Namun, ini tentu bergantung pada kondisi dan lokasi rumah. Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun menyesal di kemudian hari. Beberapa tips sebelum membeli rumah bekas ini semoga dapat membantu.

Legalitas. Pastikan rumah yang hendak Anda beli memiliki kelengkapan legalitas yang jelas. Buat Anda yang tidak ingin repot, sebaiknya pilih rumah bekas yang telah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) yang sah sesuai dengan lokasi dan nama pemilik rumah sebelumnya.

Lokasi. Pertimbangkan dengan matang lokasi rumah yang akan dibeli. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena ternyata rumah terlampau jauh dari tempat kerja dan sekolah. Begitu juga soal akses transportasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Bebas banjir. Hindari membeli rumah di daerah rawan banjir. Anda bisa menanyakan kepada pemilik rumah maupun warga sekitar apakah lokasi bebas banjir atau tidak. Anda juga bisa mempertimbangkan kemungkinan banjir dari kontur tanah dan kualitas saluran air di sekitar rumah.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI