Tampilkan di aplikasi

Desain rumah untuk si introvert

Tabloid Rumah - Edisi 385
22 Desember 2017

Tabloid Rumah - Edisi 385

Dengan desain yang tepat, pemilik rumah yang introvert dapat mengekspresikan diri lewat huniannya dengan tetap merasa nyaman dan aman. / Foto : Mansyur Hasan

Rumah
Rumah merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Baik disadari atau tidak, karakter pemiliknya akan tampak pada tampilan ruang-ruangnya. Begitu pun rumah karya Andy Rahman Architect yang dinamakan I House ini. “I” yang berarti “aku” menegaskan bahwa rumahku adalah aku dan aku menyatu dengan rumahku. Namun, ada makna lain di balik huruf “I” pada nama rumah tersebut.

Pemilik rumah ini, Pram, mengakui bahwa dirinya adalah seorang yang introvert. Pribadi introvert yang cenderung tertutup sangat menghargai privasi dan lebih senang menikmati waktu sendiri. Saat huniannya hendak dibangun, Pram pun berpesan agar sang arsitek dapat mengakomodasi kebutuhan pribadinya ini. Arsitek Andy Rahman lantas merancang hunian yang tanpa banyak bukaan pada sisi depan yang menghadap jalan.

Bangunan ini justru memiliki bukaan yang menghadap ke samping lahan. Bahkan, pintu masuk utama rumah ini pun dibuat ke arah samping. Begitu juga jendela kamar tidur di lantai atas. Dengan pengaturan seperti ini, privasi lebih terjaga sehingga penghuni rumah ini merasa lebih nyaman dan aman. Dari muka, bentuk bangunan rumah ini terbilang sederhana.

Bentuk kotak yang simpel hadir dalam beberapa ukuran massa. Yang paling menonjol adalah kotak putih besar di depan. Di sebelahnya, terdapat kotak abu-abu yang posisinya sedikit mundur. Ukuran jendela yang relatif kecil dibandingkan ukuran kotak sekali lagi menandakan bahwa pemilik rumah ini tidak ingin hunian yang terlalu terbuka ke depan.

Meskipun tampak tertutup dari luar, rumah ini menyajikan sesuatu yang berbeda ketika kita masuk ke dalamnya. Di lantai bawah, setelah melalui ruang tamu, sebuah “lorong” akan mengantarkan kita ke ruang di belakang rumah. Di bagian lorong ini, terdapat kamar mandi, musala, dan sebuah dapur bersih yang melayani ruang makan yang terletak tak jauh dari situ.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI