Tampilkan di aplikasi

Inspirasi kesederhanaan gaya Jepang

Majalah Rumahku - Edisi 122
24 Agustus 2016

Majalah Rumahku - Edisi 122

Kesederhanaan tatanan interior yang mengadopsi gaya Jepang terlihat sesuai untuk unit apartemen berkonsep modern minimalis.

Rumahku
Kali ini kami bagikan inspirasi tatanan interior apartemen unit dua kamar tidur (two bedrooms unit). Unit apartemen seluas ±122 meter persegi bagian dari The Branz Simatupang di koridor Simatupang Jakarta Selatan ini dirancang dengan konsep interior bergaya Jepang. Meskipun tidak sepenuhnya mengadopsi seluruh prinsip desain interior gaya Jepang, namun berbagai aspek yang telah diterapkan, seperti kesederhanaan dan kealamian, telah membuat hunian modern minimalis ini tampak berkarakter. Adopsi Gaya Jepang Saat memasuki unit dua kamar tidur ini dengan segera kita dapat merasakan kesan sederhana dan alami.

Unit apartemen yang bisa dibilang cukup luas ini tampak bersih, rapi dan terkesan semakin lapang karena jumlah elemen pengisi ruang yang tidak berlebihan. Elemen dekorasi pun hanya ditabahkan seperlunya. Tatanan interior demikian sangat sesuai dengan prinsip utama rancangan gaya Jepang yang cenderung minimalis dan menampilkan kesederhanaan. Selain jumlahnya yang dibatasi, furnitur juga dibuat dengan desain simpel dan nyaris tanpa detail/ornamen.

Unit apartemen dua kamar tidur ini juga menampilkan karakter desain interior gaya Jepang yang lain yaitu membawa suasana alam ke dalam ruang. Menelusuri seluruh ruang dalam apartemen kita akan merasakan kehangatan atmosfer yang dipancarkan lewat dominasi penggunaan elemen kayu. Sebagian besar lantai, dinding, dan plafon dilapis dengan material kayu, demikian juga dengan material untuk screen/partisi, kusen, dan sebagian besar furnitur.

Penggunaan kayu dengan beragam nuansa warna dan tekstur yang khas juga menjadi ciri utama desain gaya Jepang yang mengutamakan keharmonisan dengan alam. Selain penggunaan material kayu, konsep alami khas gaya Jepang pada unit ini juga tampak dari pemanfaatan jendela-jendela besar untuk memasukkan sebanyak mungkin cahaya alami. Jendela berkaca transparan tersebut juga membawa suasana alam ke dalam ruang—membebaskan pemilik menikmati ruang luar tanpa penghalang.
Majalah Rumahku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI