Tampilkan di aplikasi

Perlukah kamar mandi untuk tamu?

Majalah Rumahku - Edisi 122
24 Agustus 2016

Majalah Rumahku - Edisi 122

Adakalanya tamu yang datang membutuhkan kamar mandi untuk sekedar buang air atau membenahi riasan. Bagaimana mewadahi kebutuhan tersebut ?

Rumahku
Kamar mandi untuk tamu sebaiknya dibedakan dari kamar mandi lain yang ada di rumah. Selain mengantisipasi pemakaian yang hanya sesekali, pastikan tamu merasa nyaman saat menggunakannya. Kamar mandi tamu atau sering diistilahkan powder room ditujukan baik untuk tamu yang hanya berkunjung sebentar maupun yang datang cukup lama, bahkan menginap. Powder room tidak sekedar tempat untuk berdandan, namun juga tersedia wastafel dan water closet. Jika ruangan di rumah Anda memungkinkan, keberadaan powder room tidak ada salahnya dipertimbangkan. Memberikan kenyamanan dan pelayanan maksimal kepada tamu, sudah sepantasnya dilakukan. Tamu adalah raja bukan? Berikut 5 hal yang bisa dipertimbangkan dalam desain powder room.

1. Lokasi dan Ukuran Kamar mandi tamu bisa diletakkan di area publik— biasanya pada area depan—berdekatan atau mudah diakses dari ruang tamu atau di area bawah tangga. Hal ini untuk menjaga privasi pemilik rumah, juga agar tamu tidak merasa sungkan saat harus berjalan melewati ruang-ruang semiprivat/privat yang berada di area lebih ke belakang. Luasan yang dibutuhkan hanya sekitar 1,5 m x 2 m atau 2 m x 2 m, namun efisien dan mudah perawatannya. 2. Perangkat Saniter Powder room bisa dilengkapi dengan shower/ shower box, tergantung tujuan dari powder room itu sendiri. Apakah tamu bisa menggunakannya untuk mandi atau hanya sekedar buang air. Yang terutama ada adalah kebutuhan utama dari fungsi kamar mandi, yaitu kloset, dan wastafel, lengkap dengan cermin untuk mencuci tangan dan memperbaiki riasan. Meski powder room berukuran kecil, jangan lupakan storage untuk menyimpan keperluan seperti sabun dan tisu. Cobalah kreatif untuk menciptakan storage yang tidak memakan tempat, dengan memanfaatkan sudut ruang atau dengan cara menggantung. Pilih saniter berkelas dengan desain menarik, untuk menciptakan impresi tamu. Misal dengan pedestal berdesain klasik yang akan membuat tampilan powder room menjadi elegan.
Majalah Rumahku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI