Tampilkan di aplikasi

Masa depan ada di jalur commuter line

Majalah Rumahku - Edisi 123
19 September 2016

Majalah Rumahku - Edisi 123

Kawasan yang dilalui commuter line makin menjadi pilihan favorit untuk tempat tinggal. Tengok jalur commuter line Tanah Abang sampai Maja, perumahan baru terus bermunculan.

Rumahku
Ketika jalan tol sudah tidak lagi menjanjikan sebagai akses menuju Kota Jakarta commuter line adalah pilihan yang paling logis buat para penglaju yang setiap hari beraktivitas di Jakarta. Kalau kita ingat dulu sekitar pertengahan tahun 2000- an, banyak perumahan memasang label dekat dengan akses tol. Maklum, ketika itu pembangunan tol JORR yang menjadi penghubung tol dalam kota ke kawasan pinggir Jakarta sedang gencar-gencarnya dibangun. Perumahan-perumahan baru bermunculan di sepanjang tol. Jalan tol dianggap primadona bagi kawasan-kawasan baru yang sedang tumbuh , seperti Serpong, Bekasi Selatan, Sentul.

Tetapi kini kondisinya sudah berbeda. Jalan tol tidak lagi senyaman era tahun 2000-an. Jalan tol tidak lagi mampu menampung jumlah kendaraan roda empat, bahkan kerap dijuluki area parkir mobil. Akibatnya jarak tempuh dari tempat tinggal di kawasan pinggir Jakarta ke Kota Jakarta menjadi lama, dan waktu terbuang percuma. Akhirnya commuter line menjadi pilihan paling logis untuk para penglaju menuju Kota Jakarta. Ditambah lagi banyak stasiun commuter line yang sudah direvitalisasi sehingga tidak tampak kumuh lagi, dan jumlah KRL yang terus bertambah.

Wajar bila kemudian masyarakat pun makin realistis untuk mencari tempat tinggal semakin ke pinggir Jakarta, sepanjang masih dilalui jalur KRL. Syukur-syukur dekat dengan stasiun commuter line. Jangan kaget kalau stasiun-stasiun commuter line tidak hanya dipenuhi motor, tetapi juga mobil-mobil kelas menengah. Mereka tinggal kendaraannya di stasiun kemudian melanjutkan perjalanan dengan commuter line ke Jakarta.

Salah satu kawasan primadona yang dilalui commuter line adalah jalur Tanah Abang sampai Maja di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ada belasan stasiun KRL dari Tanah Abang sampai ke Maja, yaitu stasiun Palmerah, Kebayoran Lama, Pondok Ranji, Jurangmangu, Sudimara, Rawa Buntu, Serpong, Cisauk, Cicayur, Parung Panjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya, dan Stasiun Maja.
Majalah Rumahku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI