Tampilkan di aplikasi

Skala & proporsi dalam interior

Majalah Rumahku - Edisi 123
19 September 2016

Majalah Rumahku - Edisi 123

Tatanan ruang dengan desain interior terskala dan proporsional akan menciptakan kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas untuk penghuninya.

Rumahku
Skala dan proporsi mengacu pada bagaimana elemen dalam sebuah hunian saling mempengaruhi satu sama lain sehingga menciptakan sebuah rasa pada sebuah hunian secara utuh. Proporsi berarti mempertimbangkan keberadaan sebuah objek sebagai bagian dari keseluruhan. Sedangkan Skala yang berarti ukuran tidak selalu berbanding lurus dengan ukuran ruang ketika sedang berbicara mengenai seni desain interior. Mendesain dengan skala membuat ruangan berukuran besar dapat menghadirkan suasana yang intim bahkan dengan ukuran perabot yang berdesain minimalis. Sebaliknya, ruang yang mungil dapat disulap menjadi megah dan bisa menggunakan elemen interior bergaya oversized dan memiliki cukup ruang untuk memenuhi kebutuhan penghuni.

Dengan mempertimbangkan skala dan proporsi yang tepat dalam mendesain interior rumah tinggal kita akan memperoleh pola hidup dan kebiasaan hidup yang menyehatkan, praktis dan tentunya akan tercapai kebahagian jasmani dan rohani. Bayangkan saja jika Anda tinggal dalam rumah yang terlalu banyak warna tanpa mempertimbangkan proporsi, begitu pula skala perabot yang tidak sesuai dengan ruangan, tentunya tanpa disadari kita akan sering mengalami kelelahan. Belum lagi waktu dan tenaga yang terbuang lebih banyak untuk merapihkan dan membersihkan rumah setiap harinya akibat perabot yang terlalu besar atau aksesoris ruang yang berlebihan.

Proporsi Proporsi mencakup beberapa aspek diantaranya adalah proporsi warna, proporsi bentuk, proporsi pencahayaan, dan proporsi tekstur elemen interior. Masing-masing dari proporsi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan keindahan dan kenyamanan ruang pada setiap tempat tinggal. Living Room Living room adalah ruang tempat orang berinteraksi satu dengan yang lain, baik bersama keluarga maupun kerabat, maka dibutuhkan suasana yang intim dan nyaman. Layout perabot dan kursi/ sofa memegang peranan yang penting dalam mendesain area living room.
Majalah Rumahku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI