Tampilkan di aplikasi

Alsa, kalahkan Ego untuk raih prestasi

Majalah Rumah Zakat - Edisi 46
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 46

Posisinya sebagai anak pertama inilah yang membuatnya sangat bertanggung jawab dan tegas.

Rumah Zakat
Gadis cilik berparas manis itu bernama Athira Salsabila. Biasa dipanggil Alsa, siswi kelas VI SD Juara Medan. Alsa sulung dari tiga bersaudara. Posisinya sebagai anak pertama inilah yang membuatnya sangat bertanggung jawab dan tegas. Alsa senang sekali menasehati teman-temannya yang melakukan kesalahan. Alsa termasuk anak yang multi talenta.

Banyak prestasi yang sudah diraihnya, karena dia memang anak yang cerdas. Di balik semua keistimewaan itu pasti ada kekurangan darinya. Semua guru yang pernah berinteraksi dengannya langsung mengatakan, “Alsa itu anak yang egois dan susah diberi masukan”. Dan ternyata itu pula yang saya rasakan saat berinteraksi dengannya, ketika menjadi pelatih tim dongeng untuk mengikuti perlombaan yang diadakan oleh Kampung Dongeng Medan.

Di hari pertama melatih tim dongeng, saya sudah melihat sifat dan karakter Alsa yang banyak diceritakan itu. Saat Alsa menampilkan dongeng pertama kali di depan saya, penampilannya bagus tapi masih banyak sekali yang harus diperbaiki. Saya mencatat apa saja yang harus diperbaiki dari Alsa. Kemudian menyampaikan kepada Alsa hasil catatan saya. Namun ternyata Alsa tidak menerima begitu saja.

“Alsa maunya gitu aja Pak, tokohnya jangan dikurangi nanti Alsa lupa. Nanti cerita jadi tidak bagus, Pak,” bantahnya dengan wajah cemberut. “Alsa ayolah kita coba, pasti Alsa bisa. Nanti kalau kebanyakan tokohnya Alsa jadi susah membagi suaranya, jadi suka tertukar. Alsa itu sudah sangat bagus. Kita perbaiki ya!” saya mencoba mengajaknya pelan-pelan. “Tidak usahlah, Pak!” jawab Alsa ketus.

“Oh, kalau Alsa maunya begitu ya sudah, kita tetap berusaha tampilkan yang terbaik ya,” saya mencoba sedikit mengalah. Latihan tetap berlanjut dengan maunya Alsa. Saat latihan berikutnya semua anak menampilkan dongengnya masing-masing dan menunjukan kemajuan yang bagus. Sedangkan Alsa masih tetap bersikeras dengan keinginannya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI