Tampilkan di aplikasi

Kapal nusantara rumah zakat, berdayakan pelosok Indonesia

Majalah Rumah Zakat - Edisi 48
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 48

Kapal ini akan mengelilingi pulau-pulau di kawasan Maluku Utara untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan dan pemberdayaan. Fokus programnya adalah kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur.

Rumah Zakat
Rumah Zakat dan AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) meresmikan Kapal Nusantara Berdaya di Gedung Dhuafa Center, Jalan Sultan M. Djabir Sjah, Ternate. Kapal Nusantara Berdaya ini merupakan bentuk komitmen Rumah Zakat untuk memberdayakan berbagai wilayah di Indonesia melalui aksi-aksi kemanusiaan.

“Kapal ini akan mengelilingi pulau-pulau di kawasan Maluku Utara untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan dan pemberdayaan. Fokus programnya adalah kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur,” jelas Noor Yahya Muhammad, Chief Program Officer Rumah Zakat, Selasa, (25/7). Pada tahun pertama, Kapal Nusantara Berdaya akan mengelilingi kawasan Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Tim Kapal Nusantara Berdaya akan mendatangi berbagai desa dan menyalurkan bantuan serta melakukan aksi-aksi kemanusiaan di sana. Noor Yahya menambahkan, Halmahera menjadi tujuan pertama karena merupakan pulau terluas dengan masyarakat terbanyak di Maluku Utara. Rumah Zakat menggulirkan program Sekolah Malaria di Kota Bandar Lampung. Program tersebut bertujuan untuk menurunkan angka penderita malaria di wilayah tersebut.

Hal ini karena Kota Bandar Lampung dinilai menjadi salah satu wilayah endemic malaria di Indonesia. Rumah Zakat juga menyalurkan 320 kornet Superqurban untuk korban banjir di Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Selain kornet, Rumah Zakat juga menyalurkan 800 bungkus nasi, membantu melakukan aksi bersih-bersih, dan membangun Dapur Umum.

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat bekerjasama dengan penggerak PKK mengadakan pelatihan pembuatan sabun pencuci piring dan pengharum pakaian di RT 05, Desa Dibal, Boyolali. Sebanyak 15 orang anggota PKK mengikuti pelatihan ini di Balai Inspirasi Masyarakat Desa Dibal.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI