Tampilkan di aplikasi

Berdayakan lansia di Yogyakarta

Majalah Rumah Zakat - Edisi 45
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 45

Pada akhir tahun 2012, Rumah Zakat bersama aparat desa, pihak puskesmas, dan warga Dusun Karet meresmikan Dusun Ramah Lansia.

Rumah Zakat
Satu per satu, warga yang berusia tak lagi muda itu mendatangi pendopo di tengah kampung. Ada yang bersepeda, berjalan kaki, diantar menggunakan motor, dan berbagai cara lainnya. Senyum-senyum tanpa gigi, kerap kali terlihat dari wajah mereka. Sementara para kader posyandu sudah siap menyambut para pesertanya dengan wajah yang begitu ramah.

Suara lantang dengan nada-nada yang terkadang sumbang, menjadi salah satu penyemangat para Lansia untuk tetap ceria meski dengan kulit wajah yang sudah tak lagi kencang. Setiap bulan, para Lansia di wilayah Dusun Karet, Pleret, Bantul, Yogyakarta rutin mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Rumah Zakat. Kampung Karet ini merupakan salah satu Dusun Ramah Lansia yang berkembang di Yogyakarta.

Di desa tersebut sebanyak 120 Lansia menjadi anggota aktif dan rajin hadir dalam berbagai kegiatan Rumah Zakat. Meski usianya sudah banyak yang sepuh, namun mereka tetap semangat meneriakan yel-yel yang diajarkan oleh para kader posyandu di wilayah itu. Tak hanya itu, para Lansia pun bersemangat mengikuti senam. “Biar tubuhnya sehat dan gak pegel-pegel,” ujar Jamalah salah satu lansia di Dusun Karet.

Adanya Dusun Ramah Lansia di wilayah Karet ini memberikan dampak yang cukup berpengaruh bagi warga. Salah satunya dengan program Care Giver yang juga menjadi fokus pembinaan di sana. Seperti Sumardi yang selama 10 tahun berjuang mengurus istrinya yang menderita penyakit stroke.

“Saat pelatihan care giver saya diajari tentang cara merawat orang sakit yang tepat itu bagaimana dan seperti apa. Jadi saya mendapatkan banyak ilmu dari pembekalan yang sering diadakan oleh Rumah Zakat. Alhamdulillah, istri saya pun yang sebelumnya tidak bisa bergerak sama sekali, sekarang sudah bisa duduk dan tersenyum,” papar Sumardi.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI