Tampilkan di aplikasi

Graphotherapy, buat Zahra lebih percaya diri

Majalah Rumah Zakat - Edisi 41
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 41

Saking pemalunya, Zahra tidak mau mengikuti graphotherapy bersama teman-temannya di sekolah, melainkan dilakukan di rumah bersama ibunya.

Rumah Zakat
Saya ingin berbagi pengalaman tentang penerapan graphotherapy yaitu terapi psikologis untuk bisa mengubah sifat dan karakter seseorang melalui tulisan tangan. Saya mulai mengenal graphotherapy di sekolah tempat saya mengajar yaitu SD Juara Pekanbaru.

Saya mengenal graphotherapy saat mengikuti Workshop Nasional Learning Support Unit Indonesia Juara Foundation bulan Agustus 2014 lalu. Sepulang dari workshop tersebut saya tak sabar mempraktikkan ilmu baru itu. Hari-hari di sekolah saya gunakan untuk mencari beberapa anak yang ingin saya terapi untuk mempraktikkan ilmu yang saya miliki.

Dibantu guru kelas saya mendapatkan beberapa orang anak yang dinilai paling “parah” dan memerlukan penanganan segera. Terkumpulah beberapa orang anak yang memiliki permasalahan masing-masing mengenai dirinya. Sebelum memulai, saya berpikir dalam. Tentang segala persiapan, konsekuensi, dan berbagai permasalahan yang akan saya hadapi nantinya.

Pasokan semangat terus berusaha saya alirkan. Benar saja, hari-hari berikutnya semakin banyak anak-anak yang tidak konsekuen menjalankannya di hari libur, ada juga yang asal-asalan dalam menulis huruf-huruf itu.Saya hampir putus asa. Apakah saya akan berhasil dengan usaha saya ini? Sampai di akhir waktu terapi, saya mendapatkan beberapa nama yang konsisten, salah satunya ialah Fatimatul Zahra dari kelas V.

Fatimatul Zahra atau yang akrab dipanggil Zahra mengalami perubahan yang paling berkesan bagi saya. Gadis kecil ini sangat tidak percaya diri dan pemalu. Saking pemalunya, Zahra tidak mau mengikuti graphotherapy bersama teman-temannya di sekolah, melainkan dilakukan di rumah bersama ibunya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI