Tampilkan di aplikasi

Memberi dan menerima kebaikan alam

Majalah Rumah Zakat - Edisi 41
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 41

Dengan berbagi kita tidak hanya memberi, tetapi juga menerima sesuatu yang jauh lebih banyak dan berharga.

Rumah Zakat
Mengapa alam sangat berarti bagi makhluk hidup, terutama manusia? Mengapa kita harus peduli dan mencintai alam? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin pernah terpikirkan dalam benak kita. Alam dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya merupakan warisan nenek moyang kita dan titipan cucu dimasa mendatang yang patut kita jaga kelestarian dan keberlanjutannya.

Tidak dipungkiri lagi bahwa ekosistem hutan memiliki peranan yang sangat membantu basic needs kehidupan manusia. Hutan memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yakni sebagai gudang penyimpan air. Yang pada akhirnya akan mengalirkan air-air tersebut ke sungai melalui mata air-mata air yang ada.

Dengan adanya tanaman, air hujan yang berlimpah di dalam tanah tidak akan terbuang percuma. Selain itu juga dapat meminimalisir terjadinya bencana alam di daerah pegunungan. Melalui program Pekan Berbagai Senyum yang diinisiasi oleh Rumah Zakat saya memperoleh pengalaman baru. Minat bergabung muncul dari rasa penasaran dengan nama kegiatan ini. Cukup unik dan memiliki arti menarik dari segi nama menurut saya.

Sempat ada perasaan ragu untuk mendaftar karena saya belum benar-benar mengetahui banyak informasi mengenai kegiatan ini. Tapi sekali lagi saya bertanya kepada diri saya sendiri “Kenapa saya harus ragu untuk berbagi?”. Kali pertama saya mengikuti kegiatan Pekan Berbagi Senyum Rumah Zakat yaitu periode Desember 2016, berperan sebagai relawan aksi tanam pohon di Desa Besuki, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI