Tampilkan di aplikasi

Mandiri dan berprestasi di SMK Peternakan Juara

Majalah Rumah Zakat - Edisi 40
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 40

Boy, siswa kelas XII SMK Peternakan Juara menyiapkan rumput untuk pakan somba

Rumah Zakat
Kandang domba yang terletak di sebelah kanan bangunan sekolah itu tak pernah sepi. Seringkali suara domba bersahutan dengan tawa ceria siswa SMK Peternakan Juara yang tengah memberi makan atau juga membersihkan kotoran. Bukan pekerjaan yang terlalu sulit bagi remaja usia belasan tersebut menggiring, menggembalakan, memberi pakan bahkan membantu proses melahirkan seekor domba.

Dengan gembira mereka melakukan semuanya bersama-sama. Seperti yang dialami oleh Angga. Bagi siswa siswa kelas XII tersebut, aktivitas mencari rumput, memberi makan domba, ayam maupun sapi menjadi rutinitas yang menyenangkan. Bukan hanya Angga, tapi setiap siswa SMK Peternakan Juara Subang juga pernah melakukannya.

Kelas, kandang, lapangan, hutan adalah tempat untuk mereka belajar sehari-hari. Domba, sapi, ayam adalah juga “teman-teman” belajar mereka. “Ini adalah SMK Peternakan pertama di Indonesia yang menerapkan konsep asrama. Kan di sini 70 % praktik dan 30 % teori, jadi siswanya pun harus lebih sering ada di lapangan daripada di kelas. Dengan kondisi demikian, pilihan boarding sangat tepat diterapkan,” ucap Ipik Taufik, Kepala Sekolah SMK Peternakan Juara Subang.

Sejak 14 Juli 2013 SMK Peternakan Juara binaan RZ telah berdiri di Jln. Pasir Bilik, Desa Tenjolaya, Kec. Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat. Sekolah tersebut didirikan dengan harapan dapat menciptakan peternak sejak usia dini. Selama tiga tahun mereka ditempa dengan materi seputar peternakan dan dilatih mandiri karena harus juah dari keluarga.

Sebagaimana Angga, Firman yang baru menginjak tahun pertama di SMK Juara juga mulai beradaptasi dengan segala aktivitas di kandang. Dulu ia tak pernah membayangkan akan menetap selama 3 tahun di daerah yang sama sekali asing baginya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI