Tampilkan di aplikasi

Sehatnya para lansia di Tamalanrea

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44

Menurut Khumaidi jumlah Lansia di Tamalanrea sangat banyak, dan mayoritas mengidap penyakit-penyakit seperti diabetes, asam urat, dan kolesterol tinggi.

Rumah Zakat
Pagi itu Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat wilayah Tamalanrea Kota Makassar, Khumaidi bersama dua orang relawan, serta warga sekitar tengah menyiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan Posyandu Lanjut Usia (Lansia). Sebentar lagi mereka kedatangan 45 Lansia yang akan melakukan aktivitas di Posyandu tersebut.

Tak lama kemudian yang ditunggu-tunggu pun datang hampir secara bersamaan. Dengan menggunakan seragam berwarna oranye dan membawa bungkusan sampah di tangan, mereka memasuki rumah Ketua Kader Posyandu Lansia yang dijadikan pusat kegiatan Rumah Zakat di wilayah Desa Berdaya Tamalanrea. Dengan arahan dari sang fasilitator, semua berbaris rapi sebelum memulai aktivitas senam.

Senam pagi adalah aktivitas pertama yang dilakukan di Posyandu Lansia. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian makanan tambahan. “Kami memiliki misi untuk menjadikan Lansia di Tamalanrea ini sehat dan tetap produktif melalui serangkaian program mulai dari kesehatan hingga lingkungan. Alhamdulillah responnya sangat baik.

Mereka sangat antusias pada program-program yang digulirkan Rumah Zakat,” ungkap Khumaidi. Sejak 2011, Rumah Zakat mulai melakukan intervensi pemberdayaan di Kampung Parang Kel. Tamalanrea Jaya Kec. Tamalanrea Kota Makassar melalui program ekonomi yang kemudian berlanjut pada program kesehatan dan lingkungan. Adapun alasan pemilihan Tamalanrea sebagai lokasi binaan adalah karena masih minimnya aktivitas kemasyarakatan di sana.

Padahal Tamalanrea memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan pemberdayaan. “Untuk Posyandu Lansia baru diimplementasikan sejak 2014 berbarengan dengan program Kebun Gizi. Memang butuh kerja keras untuk dapat mengajak warga agar aktif dan produktif.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI