Tampilkan di aplikasi

Dr. Arum Atmawikarta, pilih dunia yang relevan dengan kepentingan bangsa

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44

Sejak tahun 1975-1993, Arum bekerja di Kanwil Kesehatan.

Rumah Zakat
Dunia kesehatan dan ilmu kemasyarakatan nampaknya telah melekat dalam diri Dr. Arum Atmawikarta. Sejak tahun 1975-1993, Arum bekerja di Kanwil Kesehatan. Setelah itu, ia kemudian diangkat menjadi Direktur Kesehatan Masyarakat di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) hingga tahun 2011. Setelah pensiun dari tugasnya, tak lantas membuat Arum berhenti dalam mengembangkan masyarakat.

Ia kembali dipercaya menjadi Sekretariat SDG’s (Sustainable Development Goals) Nasional untuk membangun dan mengembangkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apa saja aktivitas Arum dan mengapa ia tertarik untuk terjun dalam dunia tersebut? Berikut wawancara tim RZ Magz bersama Dr. Arum Atmawikarta.

Aktivitas Dr. Arum saat ini apa saja? Sekarang saya sedang ditugaskan oleh Bappenas menjadi Sekretatiat SDG’s Nasional dalam pilar sosial, kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.

Apa yang membuat Dr. Arum tertarik untuk masuk ke dunia masyarakat? Ini adalah hal yang selalu relevan dengan kepentingan bangsa. Siapa pun pemimpinnya, kemiskinan akan menjadi prioritas pembangunan, termasuk kecerdasan bangsa, pendidikan dan kesehatan. Issu itu selalu mendapat prioritas baik nasional maupun global. Apa yang menjadi tujuan SDG’s pun sama dengan itu.

Bagaimana padangan Dr. Arum terhadap acara SDG’s Sharing Session Rumah Zakat? Acara seperti ini sangat perlu diapresiasi. Dalam program SDG’s ada empat kelompok lain di luar pemerintah yang merupakan potensi bangsa dalam pengembangan masyarakat, yaitu organisasi kemasyarakatan, akademisi, filantropis, dan bisnis. Sebab, pemerintah juga memiliki kemampuan yang terbatas, maka adanya program-program yang relevan dari Rumah Zakat maupun lembaga lainnya sangat membantu kerja pemerintah.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI