Tampilkan di aplikasi

Ajak warga di daerah rawan banjir lebih peduli lingkungan

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44

Kampung Parang Kelurahan Tamalanrea Jaya adalah salah satu wilayah di Kota Makassar yang rawan banjir.

Rumah Zakat
Kampung Parang Kelurahan Tamalanrea Jaya adalah salah satu wilayah di Kota Makassar yang rawan banjir saat musim hujan tiba. Oleh karena itulah sejak 2014 Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat untuk Tamalanrea menginisiasi program pelestarian lingkungan yang juga memiliki manfaat bagi perekonomian masyarakatnya seperti Kebun Gizi dan Sedekah Sampah.

“Warga di sini sudah terbiasa bertani. Sehingga saat kami menggulirkan program Kebun Gizi, mereka sangat antusias,” ujar Fasilitator Desa Berdaya Tamalanrea Salmiah Made. Awalnya program Kebun Gizi dilakukan di pekarangan rumah warga, namun kini mereka memiliki sebuah Kebun Gizi di atas lahan berukuran 8 x 12 m2. Dahulu lahan tersebut biasa digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

Berkebun bukanlah hal baru bagi warga Kampung Parang. Dengan telaten, para ibu anggota Kebun Gizi menanam aneka sayuran seperti kangkung, bayam, cabe rawit, sawi, kacang panjang, dan terong. Hampir setiap bulan mereka memanen sayuran. Hasilnya ada yang dijual, dan ada pula yang dikonsumsi sendiri.

“Kalau tidak jual, biasanya sayuran-sayuran tersebut diolah oleh para kader Posyandu untuk dibuat menjadi makanan tambahan bagi para Lansia dan Balita,” ungkap Ketua Komunitas Kebun Gizi Tamalanrea, Saharia. Saat ini tercatat enam orang yang menjadi anggota aktif dari Kebun Gizi di Kampung Parang. Sebelum memiliki lahan sendiri, program Kebun Gizi dilakukan di pekarangan rumah masing-masing anggota.

Meskipun saat ini sudah bisa memetik hasil dari Kebun Gizi, namun sebelumnya mereka pun kerap mengalami gagal panen. “Alhamdulillah kami diberikan pelatihan berkebun dari Rumah Zakat, sehingga Kebun Gizi kami bisa dibilang sukses,” tutur Saharia.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI