Tampilkan di aplikasi

Pembinaan anak melalui relawan cilik

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44
18 September 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 44

Selain itu kegiatan rutin lain yang dilakukan Relawan Cilik adalah memeriksa jentik di setiap rumah warga, gerakan cuci tangan, dan pembinaan keagamaan seperti sholat dan mengaji.

Rumah Zakat
Lebih dari enam tahun Desa Berdaya Rumah Zakat di wilayah Tamalanrea berdiri, berbagai kegiatan pemberdayaan pun sudah banyak dilaksanakan di sana, mulai dari bidang ekonomi, kesehatan, sampai lingkungan. Pemberdayaan di Tamalanrea pada awalnya memang hanya difokuskan pada orang dewasa dan lansia, hingga tahun 2016 Relawan Rumah Zakat mulai membentuk Relawan Cilik untuk mengakomodir keinginan para orang tua agar anak-anaknya memiliki kegiatan lain sepulang sekolah.

“Di wilayah ini banyak anak-anak tapi mereka tidak memiliki kegiatan lain selain sekolah. Biasanya sepulang sekolah mereka hanya bermain dan tidak jelas kegiatannya, jika dibiarkan nanti mereka malah terjerumus ke hal-hal negatif,” ungkap Andani, Relawan Tamalanrea. Relawan Cilik yang digagas Andani dan temantemannya ini mendapat dukungan penuh dari orang tua maka tidak sulit mengajak anak-anak untuk mengikuti berbagai kegiatan yang mereka laksanakan.

Menurut Andani yang pertama dilakukan dan membutuhkan usaha lebih adalah menyusun kurikulum agar setiap hari para Relawan Cilik ini memiliki kegiatan yang bermanfaat. Karena Tamalanrea merupakan Desa Berdaya Rumah Zakat dengan fokus pemberdayaan bidang kesehatan, Relawan Cilik di wilayah ini pun banyak diikutsertakan dalam kegiatan pemberdayaan tersebut.

Setiap bulan Relawan Cilik ini mendapat materi mengenai kesehatan dan diikut sertakan dalam senam lansia bersama ibu dan nenek mereka. “Hal ini sengaja dilakukan, agar mereka selain dekat dengan temantemannya, mereka juga bisa dekat dengan orang tua,” tutur Andani.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI