Tampilkan di aplikasi

Pemberdayaan ekonomi berbasis home service

Majalah Rumah Zakat - Edisi 54
15 Maret 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 54

Dedy Tri Hudaya, S.Sos., M.Si, Dosen Tetap Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti.

Rumah Zakat
LAZ – LAZ yang berperan sebagai lembaga yang sering bersentuhan langsung dengan para mustahik (penerima manfaat), seperti dhuafa, yatim, maupun kaum janda, perlu melihat kemampuan dan keperluan mustahik. Dengan kondisi penuh keterbatasan, sebenarnya mereka memiliki kemampuan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

Menurut George dan Michael Belch, suatu analisis pasar yang cermat dapat menuntun kepada peluang pasar alternatif bagi produk yang sudah ada. Dalam hal ini, LAZ yang memiliki binaan produktif yang tersebar di berbagai cabang sangat mungkin mengembangkan pemberdayaan berdasarkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki para mustahik.

Kondisi pasar yang sudah ada, tenaga yang sudah ada, pemintaan yang mendukung serta potensi menguntungkan sangat berpeluang menjadi aset yang dapat dikelola secara baik. Kondisi ini bisa menciptakan peluang positif agar binaan LAZ dapat mandiri dan mewujudkan impian keluarga serta membangun entreprenurship di setiap masing – masing individu.

Konsep program yang dapat dikembangkan adalah pemberdayaan ekonomi Home Multi Service. Hal ini berkaitan dengan bidang kebutuhan rumah tangga yang berkaitan dengan fokus kegiatan operasional sehari–hari di rumah tangga.

Fenomena kebutuhan yang terjadi di masyarakat khususnya rumah tangga kota besar sangatlah kompleks seperti halnya memasak, mencuci pakaian, membersihkan rumah, penitipan anak, belanja, menemani orang sakit, mengemudi kendaraan, kelistrikan rumah, perbaikan rumah seperti kebocoran, air tidak nyala, buangan air tersumbat dan berbagai macam lainnya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI