Tampilkan di aplikasi

Indra Suryanto, memberdayakan masyarakat lewat kreativitas

Majalah Rumah Zakat - Edisi 64
22 Januari 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 64

mengembangkan program pemberdayaan yang berbasis potensi lokal wilayah.

Rumah Zakat
Adalah Indra Suryanto yang sejak sebelas tahun silam sudah berkecimpung di dunia pemberdayaan. Kala itu Indra bersama temantemannya membuat taman bacaan untuk anak-anak di wilayah tempatnya tinggal di Brontokusuma, Karangkajen, Yogyakarta. Secara geografis wilayah Brontokusuman memang berada di tengah perkotaan. Meski demikian kecamatan ini masuk ke dalam daftar kecamatan termiskin di Kota Yogyakarta. Hal inilah yang membuat Indra kemudian memutuskan untuk memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat tidak hanya terpatok pada usia anak-anak.

“Saya berharap warga di sini terutama ibu rumah tangga bisa memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi diri dan keluarganya. Guyub rukun dan gotong royong antar warga itu yang paling ingin saya wujudkan di wilayah perkotaan seperti Brontokusuman ini ,” tutur Indra. Awal tahun 2017, kiprahnya sebagai fasilitator dimulai dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat.

Melalui pelatihan tersebut Indra semakin tertantang untuk mengembangkan program pemberdayaan yang berbasis potensi lokal wilayahnya. “Di sini dulu banyak pengrajin batik, tapi kalau saya angkat batik seperti biasanya tidak ada pembeda dengan wilayah lain. Akhirnya saya menemukan ide untuk membuat ecoprint. Saya mengajak lima orang ibu-ibu untuk ikut dalam pelatihan ecoprint,” ungkap bapak dua anak tersebut. Sebagai seorang fasilitator, Indra juga terus berinovasi untuk membantu warga melalui berbagai kegiatan positif. Setelah lima warga dibina melalui ecoprint, Indra kemudian membuat program NakNik yang berbasis keterampilan.

“Ketika kita memudahkan urusan orang lain, nanti Allah yang akan mudahkan urusan kita, itu yang menjadi moto hidup saya yang coba saya tularkan kepada ibu-ibu ini,” kata sarjana teknik kimia ini.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI