Tampilkan di aplikasi

Bangun ekonomi Desa Suci melalui peternakan

Majalah Rumah Zakat - Edisi 68
16 Mei 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 68

Pak Kaprawi menggendong domba yang dipeliharanya / Foto : RZ Magz

Rumah Zakat
Salah satu Desa Berdaya model yang kali ini dikunjungi oleh tim RZ Magz adalah Desa Berdaya Suci, Jember. Program yang difokuskan di desa tersebut adalah pemberdayaan ekonomi.

Di Desa Suci sendiri pemberdayaan ekonomi dilakukan dalam berbagai kategori, yaitu pemberdayaan ekonomi peternakan dan non peternakan, seperti bidang kuliner.
“Ada tiga jenis peternakan yang dikembangkan di Desa Bersaya Suci,” tutur Eriek Mustaqim, Fasilitator Desa Berdaya Suci. “Peternakan domba, ayam, dan lele,” tambahnya.

Menurut Eriek program ini telah digulirkan sejak tahun 2017 lalu dengan peternakan domba sebagai awalannya. Saat ini total penerima manfaat program peternakan ada 30 orang, dengan adanya program ini diharapkan para penerima manfaat dapat membangun ekonomi di Desa Suci.

Berharap Berkah Program peternakan domba digulirkan untuk kelompok peternak yang berjumlah 20 orang dan tersebar di dua titik. Mereka menamai kelompoknya sebagai Harapan Barokah. “Selain keuntungan secara ekonomi, kami berharap keberkahan dalam usaha ini,” tutur Eriek menerangkan filosofi nama kelompok ternak domba.

Eriek juga menerangkan bahwa yang memperoleh bantuan adalah warga yang secara ekonomi perlu dibantu, memiliki kandang, dan pernah memelihara domba. Masing-masing peternak mendapatkan dua ekor domba betina, sedangkan pejantan menjadi milik kelompok.

“Karena berasal dari bibit yang baik, maka biasanya ketika ada yang akan menjual ternak ditawarkan terlebih dahulu kepada anggota kelompok lain. Sayang jika harus ke luar, akhirnya ternak Pak Arifin dibeli oleh Pak Kaprawi sebagai ketua kelompok,” kata Eriek.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI