Tampilkan di aplikasi

Bahagiakan lansia di Rejodadi

Majalah Rumah Zakat - Edisi 70
12 Juli 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 70

Petugas puskesmas sedang memeriksa lansia

Rumah Zakat
“Disini jumlah lansia memang tidak begitu banyak. Lansia di wilayah Rejodadi ini sangat renta meskipun usianya berkisar 50-60 tahun, jarang yang sampai usia lebih dari 60 tahun. Padahal rata-rata usia harapan hidup di negara-negara Asia tenggara adalah 70 tahun. Sedang usia harapan hidup di Indonesia berdasar profil data kesehatan Indonesia 2011 termasuk cukup tinggi yaitu 71 tahun.

”kata Heri Fasilitator Desa Berdaya Rejodadi. Untuk itu Heri menginisiasi program Ramah Lansia di awal pembentukan Desa Berdaya Rejodadi tahun 2018 lalu. Salah satu alasannya adalah ingin memberikan kebahagiaan dan harapan hidup kepada para Lansia. Menurutnya mereka yang sudah usia lanjut ini biasanya tinggal sendiri dan kesepiaan, terlebih tidak ada kegiatan yang bisa mereka ikuti.

Selain diperuntukan bagi para Lansia program Ramah Lansia juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh warga agar lebih peduli terhadap Lansia, meningkatkan, dan memantau kesehatan lansia secara berkala serta mengurangi faktor risiko yang berpengaruh pada kesehatan mereka. “Harapannya agar mereka terutama keluarga dapat memberikan perhatian lebih pada Lansia. Sehingga kalau tiba-tiba ada masalah serius yang diderita Lansia, petugas medis dapat menanganinya dengan lebih cepat,” tutur Heri.

Sehatkan Lansia melalui Posyandu Satu hari dalam satu bulan sebanyak 30 orang Lansia di Desa Berdaya Rejodadi berkumpul di salah satu rumah warga untuk mengikuti kegiatan Posyandu Lansia. Senam Lansia adalah aktivitas pertama yang dilakukan di Posyandu Lansia. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian makanan tambahan.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI