Tampilkan di aplikasi

Fitriani ingin punya rumah dari usaha sendiri

Majalah Rumah Zakat - Edisi 73
4 Oktober 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 73

Ibu Fitriani

Rumah Zakat
Sebenarnya hampir semua perempuan di Desa Ganggo Hilia bisa membuat cemilan gurih khas Sumatera Barat seperti stik royco dan kacang tojin. Namun hanya ada satu perempuan yang memproduksinya secara massal dan mendistribusikannya ke warung dan toko yang ada di dua desa yakni Ganggo Hilia dan Ganggo Mudiak Kec. Bonjol Kab. Pasaman Sumatera Barat. Dia adalah Fitriani (29), seorang ibu dari dua anak yang kini duduk di bangku TK dan SD.

Usaha Fitri dimulai pada 2016 saat fasilitator di Desa Berdaya Ganggo Hilia membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang terdiri dari 4-5 anggota. Dua tahun berjalan, kelompok usaha tersebut bubar. Sehingga sejak 2018, hanya tinggal Fitri yang meneruskan usaha makanan ringan yang telah memiliki banyak peminat tersebut.

Ingin memiliki kehidupan yang lebih baik menjadi semangat Fitri menjalani usahaya. Fitri mengaku dapat memproduksi hingga 9 kg stik royco dan 10 kg kacang tojin per minggu. Sehingga omzet yang didapatnya bisa mencapai Rp800.000 per minggu. “Alhamdulillah peminat cemilan ini masih tetap banyak. Saya jadi punya uang untuk bantu suami,” tutur Fitri.

Saat ditanya mengenai harapan pada usahanya ini, Fitri menyatakan sangat ini memiliki mesin ampia listrik dengan kualitas yang baik agar tidak mudah rusak. “Kendala dari usaha ini adalah cepat sekali peralatan pembuat stik royco itu rusak. Namun harga beli mesin ampia listrik yang kualitasnya bagus itu sangat mahal,” ujar Fitri.

Selain memproduksi cemilan, Fitri pun mengisi waktu dengan membuat anyaman sulam untuk kerudung. Dalam satu minggu Fitri dapat membuat anyaman untuk 4 meter kain yang akan dijadikan kerudung, yang kemudian dibeli dengan harga Rp35.000. “Lumayan juga buat menambah tabungan. Saya ingin sekali punya rumah sendiri biar kami tidak perlu numpang di rumah saudara lagi,” ungkap Fitri.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI