Tampilkan di aplikasi

Mengembangkan ekonomi kreatif di Desa Simbangdesa

Majalah Rumah Zakat - Edisi 74
18 November 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 74

Bachtiyar Rivai mendampingi Panji membuat furniture

Rumah Zakat
Suara nyaring drum dipukul dan percikan api dari mesin las dari bengkel kecil milik Panji, salah satu pemuda di Desa Berdaya Simbangdesa, Kabupaten Batang membuat penasaran orangorang yang melintas. Pasalnya bengkel kecil ini berbeda dari bengkel las pada umumnya.

Bengkel milik Panji ini lebih mirip workshop furniture. Menurut penuturan Bachtiyar Rivai, Fasilitator Desa Berdaya Simbangdesa sudah sejak satu tahun lalu bengkel milik Panji digunakan untuk memproduksi aneka furniture berbahan dasar drum bekas.

Sebagian besar warga di desa ini memiliki usaha pengelasan. Ini lah yang mendasari Bachtiyar membuat program pemberdayaan ekonomi yang berbasis kreativitas untuk para pemuda di desanya. Selain itu banyaknya limbah drum di wilayah Batang juga menjadi alasan tersendiri kenapa Bachtiyar mengembangkan usaha furniture tersebut.

“Tahun 2017 saya mengumpulkan sekelompok pemuda untuk bergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sejahtera Jaya. Mereka diajak berkreasi dengan limbah-limbah drum bekas. Limbah drum bekas ini mereka sulap menjadi meja dan kursi yang ternyata cukup menarik,” tutur Bachtiyar.

Bachtiyar sendiri mengaku tidak terlalu mahir dalam mengelas, ia hanya mempunya ide untuk mengubah kebiasaan warganya dari membuat teralis biasa menjadi furniture yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Inovasi pun terus dilakukan dari sekedar mencoba hingga benar-benar belajar dari para pengrajin lain.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI