Bolu cantik bentuk semangka

Tabloid Saji - Edisi 386
19 Juni 2017

Tabloid Saji - Edisi 386

Meski sekarang ini semakin banyak pilihan kue dengan bentuk dan toping menarik, namun kelezatan bolu klasik selalu memiliki penggemarnya tersendiri.

Saji
Kue bolu bisa hadir dalam bentuk yang cantik dan berbeda. Elin Nur Khasanah (38) mulai membuat bolu berbentuk potongan buah semangka sejak 2015 silam. Bolu semangka buatannya rupanya sangat diminati, terutama oleh anak-anak karena rasa dan bentuknya yang menarik.

Inspirasi munculnya bolu semangka, kata Elin, berasal dari komunitas memasak yang ia ikuti di dunia maya. Elin mengaku tak langsung berhasil membuat bolu semangka. Ia perlu melalui proses beberapa kali percobaan hingga menemukan resep yang sesuai.

Bolu semangka buatan Elin diolah dengan cara dikukus, bukan dioven. Tanpa menggunakan zat pengawet sehingga aman dikonsumsi anak-anak, bolu semangka buatan Elin mampu bertahan 3 hari di suhu ruang dan 1 minggu di dalam kulkas.

“Resepnya sama seperti membuat kue bolu pada umumnya. Hanya saja saya menggunakan perasa dan pewarna agar ada rasa di tiap warnanya,” ujar Elin. Pada bolu semangkanya, Elin menambahkan esens stroberi untuk memberi warna merah. vanila untuk warna putih, dan pasta pandan untuk warna hijau.

Sedangkan untuk menciptakan biji semangka di dalam kuenya, Elin menggunakan coklat bubuk yang dicairkan dan baru dibubuhkan pada kue setelah dipotong-potong. Demi membuat kue bolu menyerupai semangka, Elin menggunakan loyang puding bentuk segitiga, panjang 22 cm.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI