Kecap & ragam variannya

Tabloid Saji - Edisi 391
9 Agustus 2017

Tabloid Saji - Edisi 391

Saus yang berasal dari kacang kedelai hitam ini memiliki banyak varian.

Saji
Kita pasti sudah kenal kecap manis dan kecap asin, yang sering dipakai sehari-hari. Padahal, saus yang berasal dari kacang kedelai hitam ini memiliki banyak varian, lo. Yuk, kenali lebih jauh, varian kecap apa saja yang bisa dijadikan bumbu masak dan pelengkap makanan di rumah.

1. Kecap kental dengan cita rasa manis karena terbuat dari bahan kacang kedelai hitam yang difermentasi, gula aren, garam, dan air. Rasanya manis gurih dan banyak digunakan sebagai cocolan atau bumbu untuk berbagai masakan. Di antaranya nasi goreng, mi goreng, semur, sate, tongseng, dan lainnya.

2. Kecap asin, kendati samasama terbuat dari bahan kedelai hitam, namun hasilnya bertekstur lebih encer dan rasanya pun lebih asin. Lebih banyak digunakan sebagai pengganti garam dapur atau bumbu penyedap masakan (terutama masakan khas Cina), serta pelengkap toping bubur ayam.

3. Mirip dengan kecap asin, rasa kecap ikan cenderung asin namun dengan aroma ikan yang masih tercium. Terbuat dari ikan yang digarami lalu difermentasi selama beberapa bulan. Oleh karena beraroma ikan, kecap ikan banyak digunakan sebagai bumbu penyedap pada masakan berbahan seafood, masakan khas Jepang, atau aneka tumisan.

4. Sesuai namanya, kecap ini menggunakan tambahan bahan jamur di dalam adonannya. Jamur yang digunakan dapat menghasilkan rasa gurih seperti kaldu. Banyak digunakan oleh kaum vegetarian sebagai pengganti kaldu, juga tumisan pada makanan khas Cina.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI