Mengenal potongan & bagian daging

Tabloid Saji - Edisi 398
4 Desember 2017

Tabloid Saji - Edisi 398

Mari kita ketahui lebih jauh tiap bagian dari daging.

Saji
Setiap masakan atau olahan berbahan daging, pasti akan menggunakan bagian-bagian tertentu dari daging. Agar tepat penggunaannya, mari kita ketahui lebih jauh tiap bagian dari daging.

JENIS DAGING

• Daging Gandik. Gandik (bahasa Inggris: silver side) adalah bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dan menyamakannya dengan daging paha depan atau shank. Daging gandik banyak digunakan untuk dendeng balado atau abon sapi.

• Daging Sengkel. Daging sengkel atau shank berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Biasa digunakan sebagai bahan dasar sup, soto, dan bakso urat. Sifat potongan daging jenis sengkel adalah keras, kering (sedikit lemak), dan berotot.

• Daging Has Luar. Has luar (sapi) atau sirloin adalah bagian daging sapi dari bagian bawah iga, sampai ke bagian sisi luar has dalam. Banyak digunakan untuk membuat steak.

OLAHAN DAGING

• Bakso. Bakso berasal dari kata bak-so yang dalam bahasa hokkian berarti daging giling. Di Indonesia, bakso lebih banyak menggunakan daging sapi dan dijadikan bahan makanan beku atau disajikan dengan kuah kaldu.

• Sosis. Sosis adalah olahan daging cincang, lemak, dan bumbu rempah yang dibalut pembungkus dari lemak, usus, kolagen atau plastik.

• Peperoni. Peperoni adalah olahan daging mirip sosis, dengan ukuran lebih besar. Banyak dijual dalam bentuk irisan tipis dan kerap digunakan untuk toping pizza.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI