Rupa-rupa udang

Tabloid Saji - Edisi 397
4 Desember 2017

Tabloid Saji - Edisi 397

Selama ini kita mungkin menganggap hanya ada 1-2 jenis udang saja yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. / Foto : Jerry

Saji
Selama ini kita mungkin menganggap hanya ada 1-2 jenis udang saja yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Ada udang yang berukuran kecil dan ada yang besar. Padahal, ada cukup banyak jenis udang yang bisa kita gunakan sebagai bahan masakan. Ingin tahu apa saja jenisnya?

1. Udang Jerbung, udang laut yang warna kulitnya putih, dengan kakikaki berwarna merah. Udang jerbung memiliki berbagai ukuran, besar dan kecil. Teksturnya lunak dan memiliki rasa manis serta gurih.

2. Udang Galah, udang air tawar yang memiliki ukuran besar, serta memiliki capit yang juga besar dan tubuh yang panjang. Warnanya hijau kebiruan. Dengan ukuran yang besar, udang ini bisa diolah sebagai bahan utama masakan.

3. Udang Api Api, udang api-api memiliki kulit kasar dan keras, berwarna coklat muda, sedikit tembus cahaya, terkadang berwarna kemerahan, dan memiliki bintikbintik merah. Ujung kaki dan ekornya pun berwarna kemerahan, kecuali dua kaki pertamanya berwarna putih. Ukurannya kecil, sehingga sering digunakan untuk bahan tambahan pada bakwan atau rempeyek.

4. Udang Pancet, disebut juga udang macan karena warnanya yang kehitaman, dengan corak garis kuning yang mirip motif macan.

5. Udang Ronggeng Udang ronggeng memiliki tampilan unik dan tidak mirip udang. Tak heran bila udang ini juga sering disebut udang lipan. Habitatnya di laut dan biasa hidup di bawah lumpur.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI