Festival jengkol, kreasi olahan serba jengkol yang menggiurkan

Tabloid Saji - Edisi 401
22 Januari 2018

Tabloid Saji - Edisi 401

Kendati beraroma khas, jengkol merupakan makanan yang hasil olahannya banyak digemari. / Foto : Ersi PW

Saji
Sejak dulu hingga kini, sajian berbahan jengkol selalu disuka banyak orang. Meski pun terkenal dengan aromanya yang khas dan menyengat, jengkol selalu berhasil mengunggah selera orang ketika tersaji di meja makan. Nah, pada 17-19 November lalu sebuah acara unik yang berkaitan dengan jengkol diselenggarakan di Bellanova Country Mall, Sentul, Bogor, Jawa Barat, yakni Festival Jengkol.

Di acara ini, tentu saja beragam inovasi olahan jengkol super kreatif ditampilkan. Hmm, seperti apa, ya, keunikan acaranya? Tak hanya semur jengkol yang sudah akrab di lidah saja yang ditampilkan di acara ini. Sajiers bisa menemukan aneka olahan jengkol “kekinian”, yang bisa dikatakan di luar dugaan dan bisa jadi belum pernah menyantapnya.

Sebut saja cilok jengkol, steak jengkol, burger jengkol, cookies jengkol, pasta jengkol, bakpao jengkol, dan sebagainya, yang beragam olahan jengkolnya bikin penasaran untuk dicicipi. “Awalnya saya dan teman ingin seru-seruan saja dengan membuat Festival Jengkol. Enggak menyangka acaranya jadi akan sebesar ini.

Apalagi persiapan kami hanya dua minggu saja,” kisah Kamila, Ketua Event Festival Jengkol Agar Festival Jengkol yang digagas Kamila dapat semakin menyedot perhatian khalayak, ia bersama tim merangkai sejumlah kegiatan menarik selama festival berlangsung. Di antaranya lomba masak olahan jengkol, pemilihan raja dan ratu jengkol, plus demo masak berbahan jengkol.

Salah satu yang paling unik dari sejumlah program acara tadi adalah kompetisi raja dan ratu jengkol. Untuk peserta yang ingin mengikuti lomba ini, Kamila membuat persyaratan yang tak kalah unik. Salah satunya, peserta harus memiliki pengetahuan cukup mendalam seputar jengkol, serta mengerti cara pengolahan jengkol yang baik dan benar.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI