Gallo pinto, nasi & kacang gurih dari Kosta Rika

Tabloid Saji - Edisi 410
26 April 2018

Tabloid Saji - Edisi 410

Tak sulit, kok, membuatnya. Rasanya pun gurih dan lezat. / Foto : Agustua | visual michael

Saji
Salah satu negara di kawasan Amerika Latin, Kosta Rika, tak hanya memiliki kekayaan alam yang melimpah. Warisan budaya kuliner negara tropis ini pun sangat beragam. Salah satu yang bisa kita tiru di rumah adalah gallo pinto. Tak sulit, kok, membuatnya. Rasanya pun gurih dan lezat.

Gallo pinto merupakan sajian tradisional negara-negara Amerika Latin, terutama Kosta Rika dan Nikaragua. Sajian ini terbuat dari campuran nasi dengan kacang hitam (black beans) dan diberi bumbu tumisan. Kerap disajikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau santapan malam dan biasanya dilengkapi lauk berupa omelete.

Menurut salah satu catatan sejarah, sajian khas warga Amerika berdarah Latin ini diperkenalkan pertama kali oleh bangsa Afrika, ketika zaman perbudakan masih berlangsung di kawasan Amerika. Catatan sejarah lain mengatakan, gallo pinto merupakan gambaran dari negara Kosta Rika yang dikenal kaya akan sumber daya alamnya.

Selain populer di Kosta Rika dan Nikaragua, gallo pinto juga dikenal di sejumlah negara Amerika Latin lain, seperti Honduras, Panama, El Salvador, Puerto Riko, Peru, Kolombia, hingga Republik Dominika. Bedanya, di sejumlah negara ini gallo pinto disajikan bervariasi dengan jenis kacang yang lain, selain black beans.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI