Yuk, kenali jenis cumi-cumi

Tabloid Saji - Edisi 414
7 Juni 2018

Tabloid Saji - Edisi 414

Ada beberapa jenis cumi yang bisa kita olah menjadi beragam sajian lezat di meja makan keluarga. Agar tepat dalam mengolahnya, marikita kenali dulu jenis-jenis cumi yang bisa kita dapatkan di pasaran. / Foto : Bayu

Saji
Ada beberapa jenis cumi yang bisa kita olah menjadi beragam sajian lezat di meja makan keluarga. Agar tepat dalam mengolahnya, marikita kenali dulu jenis-jenis cumi yang bisa kita dapatkan di pasaran.

Ragam Cumi

1. Cumi Bangka Cumi jenis ini memiliki daging berwarna putih, dengan bintik-bintik berwarna merah di hampir seluruh bagian tubuhnya. Sesuai namanya, cumi bangka banyak ditemukan di Pulau Bangka. Ukurannya cukup panjang, sekitar 20-25 cm. Cumi jenis ini memiliki daging tebal dengan sirip lebar, sehingga cocok untuk ditumis maupun dibakar utuh.

2. Cumi Sero Cumi sero mudah ditemukan di pasar maupun supermarket. Cumi jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan cumi bangka. Panjangnya sekitar 10-15 cm. Bentuknya pipih, dengan daging berwarna putih dan sedikit bintik merah pada tubuhnya. Cumi sero biasa digunakan untuk olahan ikan asin, maupun masakan berkuah.

3. Cumi Telur/Cumi Gembung Seperti namanya, cumi jenis ini memiliki bentuk menggembung. Sepintas, cumi jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan cumi sero, namun dengan bentuk perut yang lebih menggembung. Cumi jenis ini biasanya digunakan untuk berbagai masakan yang banyak tersaji di rumah makan seafood, dengan menambahkan telur kocok maupun bahan lain ke dalam bagian perut cumi, agar tampak semakin menggembung.

4. Sotong Sotong merupakan jenis cumi yang memiliki tulang transparan seperti tempurung. Sotong memiliki bentuk lebih pipih, lebar, dan ukuran pendek, dengan daging yang cukup tebal. Sotong memerlukan waktu pemasakan yang lebih lama untuk mematangkan dagingnya. Sotong memiliki bau amis yang cukup kuat bila dibandingkan jenis cumi lainnya.

5. Cumi Pen Cumi pen merupakan jenis cumi-cumi yang memiliki bagian tubuh ramping dan panjang dibandingkan jenis cumi lainnya. Tesktur dagingnya lembut dan tak terlalu tebal. Cumi jenis ini cocok untuk hidangan yang proses memasaknya sebentar, seperti tumisan.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI