Tampilkan di aplikasi

Rupa-rupa paprika

Tabloid Saji - Edisi 423
16 Oktober 2018

Tabloid Saji - Edisi 423

Paprika merah dan hijau / Foto : Agust UA, Visual Arin

Saji
Parprika ternyata termasuk ke dalam jenis terong-terongan. Paprika banyak digunakan untuk berbagai hidangan, sehingga menambah aroma dan cita rasa sedap hasil masakannya. Nah, apakah Sajiers sudah mengenal rupa-rupa paprika yang banyak dijual di pasaran, berikut kegunaan dan hasil olahannya yang siap pakai? Yuk, kenali lebih jauh tentang paprika!

1. Parkiran hijau. Paprika hijau merupakan paprika muda yang sudah dipanen sebelum matang. Rasanya sedikit manis dan terkadang memiliki rasa sedikit pahit, dengan aroma yang lebih langu. Teksturnya renyah dengan kadar air lebih sedikit.

2. Paprika kuning. Jika ditunggu sebentar saja, paprika hijau akan berubah menjadi paprika kuning. Rasanya menjadi lebih manis dibandingkan dengan paprika hijau, dengan tekstur yang juga renyah dan kadar air yang sedikit.

3. Paprika oranye. Sebelum akhirnya memerah, paprika kuning akan berubah menjadi oranye terlebih dahulu. Paprika oranye memiliki rasa yang manis dengan kadar air yang lebih banyak dibandingkan paprika kuning. Teksturnya renyah dan memiliki kandungan vitamin lebih banyak.

4. Paprika merah. Paprika merah merupakan paprika yang sudah matang sempurna. Rasanya paling manis di antara jenis paprika lainnya, dengan tanpa sisa rasa pahit. Teksturnya lebih lembut dengan kandungan air yang lebih banyak, serta kandungan vitamin yang paling lengkap dibandingkan jenis paprika lainnya.

Olahan Paprika

1. Paprika bubuk. Untuk memudahkan penyimpanan dan penggunaan paprika, maka paprika yang sudah dikeringkan bisa dihaluskan menjadi bubuk dan dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan. Selain sebagai penambah warna merah pada masakan, juga menambah rasa pedas.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI