Tampilkan di aplikasi

Apel, ragam jenis & olahannya

Tabloid Saji - Edisi 424
30 Oktober 2018

Tabloid Saji - Edisi 424

Apel tentu terasa segar saat disantap langsung. Namun apel juga sedap diolah menjadi berbagai sajian, seperti isi pai, cake, atau kue lainnya. / Foto : agustua

Saji
Apel tentu terasa segar saat disantap langsung. Namun apel juga sedap diolah menjadi berbagai sajian, seperti isi pai, cake, atau kue lainnya. Selain apel malang atau apel merah, apakah Sajiers sudah tahu jenis apel lainnya? Yuk, ketahui lebih jauh tentang apel!

1. Apel Malang Apel malang memiliki sebutan lain, yakni apel manalagi. Ciri utama apel ini, memiliki kulit berwarna hijau dan ukuran yang relatif kecil. Apel jenis ini rasanya manis segar, dengan kandungan air cukup sedikit sehingga cocok digunakan untuk dibuat isi pai.

2. Apel Granny Smith Apel granny smith memiliki ciri buah yang mirip apel malang. Warna kulitnya hijau dan rasanya manis segar. Namun ukurannya agak lebih besar dan kulitnya mengilap. Apel jenis ini sering dibuat sebagai bahan salad dan jus karena rasanya yang segar.

3. Apel Fuji Apel fuji berwarna merah muda, dengan gradasi kekuningan pada kulitnya. Apel jenis ini terkenal di Asia karena rasanya manis, ukuran buahnya besar, dan tektsurnya renyah. Apel fuji enak di santap langsung atau dijadikan pelengkap salad.

4. Apel Red Delicious Apel jenis ini mirip dengan apel washington yang kulitnya berwarna merah pekat, rasanya manis, namun sedikit sepat. Apel jenis ini lebih enak disantap langsung.

5. Apel Royal Gala Apel yang memiliki warna kulit kuning dengan semburat kemerahan ini, tekstur daging buahnya renyah dengan kandungan air cukup banyak dan aromanya agak tajam.

6. Apel Lengkeng Sebenarnya apel lengkeng merupakan sebutan umum untuk jenis apel gala. Rasanya manis dan tekstur daging buahnya renyah. Apel jenis ini banyak digunakan untuk salad atau disantap langsung.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI