Tampilkan di aplikasi

Si manis gula

Tabloid Saji - Edisi 425
13 November 2018

Tabloid Saji - Edisi 425

Apa saja, ya, jenisnya dan olahan gula? / Foto : agustua

Saji
Selain gula pasir yang biasa Sajiers gunakan sehari-hari untuk menambah rasa manis pada secangkir kopi atau teh di pagi dan sore hari, masih ada begitu banyak jenis gula yang bisa Sajiers gunakan, termasuk untuk memasak dan membuat kue. Apa saja, ya, jenisnya dan olahan gula?

Gula pasir kasar. Selain teksturnya lebih kasar, gula pasir kasar pada umumnya berwana kuning kecokelatan. Gula pasir jenis ini cenderung memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gula pasir putih.

Gula pasir halus. Butirannya halus dan warnanya putih bersih. Gula ini disebut juga gula castor. Gula jenis ini seringkali digunakan untuk membuat cake atau kue karena teksturnya yang cepat larut saat diaduk. Gula ini juga kerap digunakan untuk melapisi permen jelly agar tidak lengket.

Brown sugar. Gula pasir yang dihanguskan sehingga warnanya cokelat agak gelap. Gula ini memiliki aroma karamel yang sangat khas sehingga brown sugar sering menjadi bahan alternatif untuk membuat cake karamel.

Gula palem. Gula yang berwarna kecokelatan ini teksturnya relatif halus. Gula ini terbuat dari cairan yang didapat dari pohon nira. Kendati memiliki warna sama dengan brown sugar, gula palem memiliki tekstur lebih halus dan agak lembap. Gula palem memiliki rasa manis yang tak terlalu kuat dibandingkan gula pasir biasa.

Gula jawa. Terbuat dari air kelapa atau air pohon nira. Gula ini diolah dengan suhu tinggi hingga sarinya membentuk karamel. Gula ini memiliki bentuk sesuai cetakannya. Pada umumnya, cetakan gula jawa berbentuk batok kelapa atau tabung bambu. Gula jawa dengan kualitas baik berwarna gelap dengan tekstur padat.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI