Tampilkan di aplikasi

Bolu gulung lembut & antiretak

Tabloid Saji - Edisi 501
15 Oktober 2021

Tabloid Saji - Edisi 501

Bolu Gulung Cream Fruitmix

Saji
Membuat bolu gulung bisa dikatakan tidak sulit, tetapi memang tricky. Terutama pada saat menggulung bolunya . Jika Sajiers tidak tepat membuat adonan bolunya, maka ketika digulung bolunya akan mudah retak atau bahkan patah. Persoalan selanjutnya, andai berhasil digulung, sering kali bolu mudah terlepas dari gulungannya . Nah, untuk itu Sajiers wajib mengetahui tips dan trik, mulai dari membuat adonan bolu, proses memanggang, hingga menggulungnya agar bolu tergulung bulat sempurna. Selamat mencoba!

Bolu Gulung Cream Fruitmix (Untuk 14 potong)

Bahan:
8 bh kuning telur
2 bh putih telur
85 gr gula pasir
50 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk
100 gr margarin, lelehkan
1/4 sdt pasta vanila

Bahan Isi:
50 gr krim bubuk
25 gr vla instan
150 ml air es
100 gr fruit mix, potong-potong

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan margarin dan pasta vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam loyang 25x30x3 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.
3. Oven adonan menggunakan api bawah pada suhu 190 derajat Celsius, 20 menit sampai matang. Keluarkan dari loyang. Dinginkan di suhu ruang.
4. Isi, kocok krim bubuk, vla instan, dan air es sampai kental. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
5. Semprotkan campuran krim ke permukaan bolu. Semprotkan akan tebal di salah satu sisi bolu. Taburi mix fruit secara merata.
6. Alasi bolu dengan kertas roti. Gulung bolu dengan cara menggulungnya dari bagian ujung sambil dipadatkan dengan dibantu penggaris bolu gulung.
7. Puntir bagian ujung kertas roti setelah bolu berhasil tergulung. Dinginkan bolu di dalam lemari es selama 30 menit-1 jam sebelum disajikan, agar gulungan tidak mudah terlepas pada saat bolu dipotong-potong.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI