Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2015

Sekumpulan ikan

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Perairan di Azores dianugerahi dengan kehidupan bawah air yang memesona namun pengalaman menyelam di sana terkadang serba tidak pasti dan bergantung pada keberuntungan. Pada kedalaman 10 meter di bawah air, saya sudah bisa melihat dasar laut yang masih berada 50 meter lagi di bawah saya.

Berenang turun perlahan sambil mengatur komputer yang terpasang pada rebreather, saya mencoba untuk tetap menjaga tekanan parsial oksigen. Tiba-tiba, cahaya di sekitar saya meredup dan saya sudah dikelilingi oleh ratusan ikan almaco jack, (Seriola rivoiana), yang membentuk lingkaran di sekeliling saya.

Saya melanjutkan berenang turun ke puncak sebuah batu karang. Di sini telah menanti sekumpulan ikan yang berenang melingkar berpasangan, satu berwarna gelap dan satu terang. Ini adalah ikan-ikan Pomatomus saltatrix, yang juga dikenal sebagai piranha laut, ikan anchova atau bluefish; satu jenis predator besar yang biasanya membentuk kumpulan besar di titik diving ini.

Saya melihat ke arah lereng landai di tepi puncak batu ini yang air di sekitarnya berwarna biru pekat. Berenang di sekitar puncaknya di kedalaman 50 hingga 55 meter, saya menjumpai seekor greater amberjack besar, (Seriola dumerili), yang panjangnya mencapai lebih dari satu meter, berenang mendekat dalam formasi yang canggih.

Beberapa meter di belakangnya, sekumpulan ikan Caprus aper merah berenang-renang bersama seperti kumpulan serangga yang mencoba menghindar dari serangan beberapa jack fish.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI