Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2016

Nudibranch

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Mahluk laut memiliki banyak cara untuk bereproduksi, mulai dari cardinalfish jantan yang menyimpan telur di mulutnya hingga ke mola mola betina yang menghasilkan hingga 300 juta telur. Di sini kami menunjukkan sedikit seleksi dari banyaknya cara “pengasuhan yang baik” di lautan kita.

1. DOTO USSI. Nudibranch menggemaskan ini, Doto ussi, hidup dan makan pada hidroid menyengat Aglaophenia cupressina, cabang yang terlihat pada gambar. Nudibranch ini bertelur dalam spiral kencang. Foto ini diambil di Selat Lembeh dengan dioptri kuat untuk memperbesar binatang dan telur-telurnya.

2. LEOPARD BLENNY Blenny cantik ini, dengan warna cokelat creamy yang memudar menjadi merah menyala dengan bintik-bintik macan tutul, teramat pemalu. Telurnya berbentuk seperti “Minions” dan ditaruh di mana spesies ini tinggal, di antara fire coral yang memberikan perlindungan yang baik.

3. CARDINALFISH Cardinalfish jantan dalam semua bentuk dan ukuran, baik dari Asia, Arab, ataupun Karibia, menyimpan telur di mulut mereka. Setelah fertilisasi, betinanya menghasilkan segenggam telur dan begitu sekitar tiga-perempatnya menyembul dari si betina, pejantannya langsung memuat telur-telur di dalam mulutnya.

4. COMMENSAL SHRIMP Telur-telurnya disimpan di abdomen sang betina hingga cukup usia untuk menetas dan menjadi bagian dari kawanan plankton. Penetasan, seperti banyak siklus reproduksi telur lainnya, bertempat di kegelapan untuk mengurangi resiko terlihat dan dimangsa oleh predator.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI