Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2014

Nudibranch, Indian phidiana, di Lesley’s Knob

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
TERLETAK di batas paling timur coral triangle, negara kepulauan Papua Nugini (PNG) adalah surga bawah laut tanpa tanding. Di pulau New Britain, yang berada di pesisir timur kepulauan Bismarck, terletak Kimbe Bay yang panjangnya hampir 500 km dan merupakan lokasi penyelaman termasyur di PNG.

Sejak kunjungan singkat ke Walindi Plantation Resort beberapa tahun lalu, saya selalu ingin kembali lagi ke PNG. Impian itu terwujud lewat sebuah trip dengan M/V FeBrina yang menyusuri Kimbe, pulau Witu, dan Fathers Reefs.

Banyak liveaboard di PNG yang namanya sama dengan pemiliknya, tapi tidak dengan FeBrina. Skipper-nya, Alan Rabee, merupakan seorang legendaris PNG dengan pengalaman 20 tahun menyelam di sana. Sebelum dikenal sebagai boutique liveaboard seperti sekarang ini, awalnya FeBrina merupakan kapal riset di Coral Sea.

Dengan Walindi sebagai pelabuhannya, Alan telah mengoperasikan FeBrina sejak tahun 1991. Saya berangkat menuju kapal sekitar pukul 5 pagi dan bertemu dengan divemaster (DM) Jossie dan Digger. Walaupun agak sempit, tapi kabinnya cukup nyaman. Di dalamnya juga dilengkapi kamar mandi dengan pancuran air panas.

Joe, Junior, dan Levo menangani perlengkapan kami di sana. Setiap orang diberi rak sendiri untuk menyimpan masker, fins, dan weight belt. Ada juga tangki bilas khusus untuk perlengkapan kamera.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI