Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2014

Dunia luar mengklaim, inilah penyelaman underwater volcano tercantik di seluruh dunia, setelah kepulauan Karibia. / Foto : Erykah Item

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
GELEMBUNG udara yang keluar dari bebatuan di bawah laut menjadi bukti kalau gunung Mahangetang atau dalam sebutan lokal Banua Wuhu, masih aktif dan berbahaya. Tapi itu yang menjadikan daya tarik tersendiri untuk penyelaman underwater volcano di pulau Mahangetang, Sulawesi Utara ini.

Sedramatis apa pemandangan bawah laut Mahangetang? Jika di tempat lain, bubbles yang keluar dari dasar laut hanya sedikit, di sini di antara retakan batu-batu vulkanik, bubbles keluar lebih banyak. Panasnya gunung api pun berdampak hingga ke air laut yang hangat. Ketika menyelam, permukaan air memang terasa dingin, tapi begitu menuju kedalaman 5 meter, air sudah berubah menjadi lebih hangat hingga semakin bertambah hangat dan panas ketika mencapai dasarnya.

Agak jarang penyelam datang ke Mahangetang. Bisa dipastikan karena aksesnya yang sulit. Pulau ini letaknya tidak jauh dari Sangihe, cukup satu jam perjalanan kapal atau sekitar lima jam dari kota Manado. Tapi begitu sampai di Mahangetang, janji untuk bisa melihat kemegahan gunung berapi bawah air bisa dituntaskan.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI