Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2017

Menggunakan strobe dengan kamera compact dapat memberikan hasil yang bagus jika Anda belajar menggunakan pengaturan manual yang sesuai dengan kamera Anda. / Foto : Tim Ho

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Tanyalah seorang fotografer profesional yang menggunakan kamera besar tentang menggunakan pengaturan manual dengan strobe, dan bisa dipastikan dia akan memberi tahu Anda untuk memasang shutter di antara 1/160s dan 1/250s.

Karena sebagian besar fotografer profesional sekarang menggunakan DSLR, biasanya kamera compact sebagai pendatang baru akan mendapat informasi yang salah. Namun, Anda perlu mengingat beberapa hal penting:A)

Apertur pada DSLR dapat disetel lebih dari f/30, sedangkan jangkauan maksimal pada kamera compact dengan performa tinggi mulai dari f/8 hingga f/11. B) Ketika sistem mirror DSLR membatasi keseimbangan flash pada kecepatan shutter 1/200s-1/320s (tergantung kamera), kamera compact dapat memotret dengan strobe hingga ke 1/2000s.

Mengambil informasi yang salah dan menerapkan kecepatan shutter 1/250s pada f/8 di kamera compact dan strobe pada tengah hari akan memberikan Anda latar belakang hijau atau biru yang jelek. Jika Anda kembali bertanya kepada “guru” Anda, dia akan memberi tahu Anda untuk berpindah ke DSLR karena Anda bisa memotret lebih dari f/8.

Ingatlah, Anda bisa mengambil gambar-gambar hebat dengan kamera compact begitu Anda mengerti pengaturannya dan bagaimana kamera merespon dalam situasi yang berbeda. Janganlah terintimidasi dengan kamera berbobot besar, atau berkecil hati oleh nasihat yang tidak sesuai.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI